Akhirnya! Mars Perseverance Rover Dengan Aman Mendarat di Planet Merah

By Fikri Muhammad, Jumat, 19 Februari 2021 | 17:00 WIB
Anggota tim penjelajah Perseverance Mars NASA mengawasi dalam kontrol misi saat gambar pertama tiba beberapa saat setelah pesawat ruang angkasa berhasil mendarat di Mars, Kamis, 18 Februari 2021, di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California. Tujuan utama misi Perseverance di Mars adalah astrobiologi, termasuk penelusuran tanda-tanda kehidupan mikroba purba. Penjelajah ini akan mencirikan geologi planet dan iklim masa lalu, membuka jalan bagi eksplorasi manusia di Planet Merah, dan menjadi misi pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan batu Mars dan regolith. (NASA/Bill Ingalls)

Nationalgeographic.co.id—NASA akhirnya mendaratkan Perseverance Rovers di Mars pada Kamis lalu setelah menempuh perjalanan 203 hari, melintasi 293 juta mil (472 kilometer). Pendaratan ini dikonfirmasi dan diumumkan dalam ruang kontrol misi di NASA’s Jet Propulsion Laboratory, California selatan pukul 15:55.

Misi Mars 2020 diluncurkan pada 30 Juli 2020 dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida. Misi Perseverance Rover menandai langkah pertama yang ambisius untuk mengumpulkan sampel Mars dan mengembalikannya ke Bumi.

"Pendaratan ini adalah salah satu momen penting bagi NASA, Amerika Serikat, dan eksplorasi ruang angkasa secara global," kata penjabat Administrator NASA Steve Jurczyk di laman NASA

Ini adalah gambar pertama penjelajah Perseverance NASA yang dikirim kembali setelah mendarat di Mars pada 18 Februari 2021. Pemandangan, dari salah satu Kamera Hazard Perseverance, sebagian tertutup oleh lapisan debu. (NASA / JPL-Caltech)

Mars Perseverance Rover NASA telah mengirimkan kembali gambar pertamanya dari permukaan Planet Merah. Gambar tersebut berasal dari Kamera Hazard Perseverance.

Gambar pertama ini adalah versi resolusi rendah. NASA mengonfirmasi akan mengirim resolusi yang lebih tinggi setelahnya.