Oleh Shinatria Adhityatama
Nationalgeographic.co.id—Film Space Oddysey 2001 meledak di gedung-gedung bioskop Amerika Serikat pada 1968. Film ini garapan sutradara legendaris Stanley Kubrick, yang dinilai berhasil membuat genre fiksi-sains atau sci-fi menjadi bagian dari budaya popular.
Genre ini menghiasi tidak hanya layar lebar, tetapi juga layar kaca selama dari akhir tahun 1960-an sampai awal dekade 2000-an. Fiksi-sains telah menjadi budaya popular yang diciptakan pada masa akhir abad ke-20. Imajinasi ini terentang dari masa depan yang super canggih hingga ketidakpastian ilmiah seputar kehidupan di luar Bumi. Perkara inilah yang membawa para pencipta fiksi-sains menelusuri alam pikirnya untuk menciptakan semesta sendiri. Mereka membawa para penonton dan pembaca untuk berimajinasi melebihi zamannya—kedatangan alien, pesawat luar angkasa, mobil terbang, pistol laser, dan robot.
Sederet adikarya seperti Buck Rogers, Battlestar Galactica, E.T, Star Trek, Alien, Blade Runner, Akira, Ghost in the Shell, Back to the Future dan masih banyak lagi, telah merasuki kehidupan masyarakat selama empat dekade. Banyaknya film bergenre fiksi-sains itu mungkin belum ada yang bisa menandingi film Star Wars adikarya George Lucas.
Star Wars tayang perdana pada 1977, yang kelak berlanjut menjadi trilogi hingga 1983. Film ini mengubah dan berdampak besar dalam berkembangnya semesta fiksi sains dalam industri kreatif dan budaya pop. Genre ini tampaknya berdampak lebih luas dari pintu bioskop. Genre ini juga bertranformasi menjadi budaya dan inspirasi bagi perkembangan sains dan teknologi. Tidak sedikit para inventor yang mendapatkan gagasan dari tontonan dan bacaan fiksi-sains.
Baca Juga: Kisah Nyata Kehidupan Pocahontas yang Tak Diungkap Film Animasi Disney
Kian popularnya genre fiksi-sains turut mendorong industri memproduksi pernak-pernik terkait budaya pop. Ragamnya bisa berupa properti sisa film hingga yang diproduksi lebih massal—seperti mainan yang kerap disebut sebagai figur karakter atau action figures.
Mainan hasil adaptasi karya fiksi sains telah menciptakan satu kata baru dalam kamus Bahasa Inggris, yaitu kata “toyetic”. Menurut Bernard Loomis (1923–2006), perancang dan pemasar mainan terkenal asal Amerika Serikat, kata ini diucapkan Loomis saat mengobrol dengan Steven Spielberg dalam proses produksi mainan dari filmnya yang dirilis pada 1977, Close Encounters of the Third Kind.
Toyetic adalah istilah yang merujuk pada kesesuaian properti media—seperti kartun atau film— untuk memperdagangkan rangkaian mainan, gim, dan lainnya dengan lisensi resmi. Syaratnya, mainan yang diproduksi bisa dimainkan dengan dinamis, digenggam dengan mudah, dan dipenuhi dengan aksesori. Konsumen pun dapat membuat atau merekonstruksi adegan yang terdapat dalam film fiksi-sains favoritnya di rumah.
Figur karakter dari genre fiksi-sains memunculkan para kolektor artefak budaya pop ini. Mereka mengkoleksi seluruh figur karakter dari film favorit mereka. Contohnya, figur karakter dari film Star Wars masih digemari hingga hari ini. Pernak-pernik iru diproduksi oleh perusahaan kecil di Cincinnati, Ohio Amerika, Serikat bernama Kenner.
Baca Juga: Galaksi Nan Jauh Ala Star Wars Mampu Ajarkan Sains Pada Anak-Anak
Film Star Wars dirilis di bioskop-bioskop penjuru dunia dan meledak hanya dalam waktu beberapa minggu. Namun, sebelumnya film ini dirilis, banyak perusahaan mainan di Amerika Serikat yang ogah memproduksi mainan dari film ini. Mereka menganggap figur karakter tidak akan laku dipasaran karena penggemar fiksi-sains pada saat itu masih sedikit.
Belakangan, mereka menyesalinya. Star Wars ternyata mampu meraup keuntungan sekitar $7.000.000 dari pemutaran filmnya di Amerika Serikat saja. Bahkan, mainan dari film ini mampu meraup dua kali lipat keuntungan dari filmnya: hingga menyentuh angka $14.000.000.
Hasil penjualan mainan Star Wars tentu membawa keuntungan besar bagi Kenner. Mainan Star Wars juga turut memopulerkan mainan berukuran sekitar sepuluh sentimeter di dunia figur karakter. Alasannya, Kenner berhasrat figur ini dapat dimasukkan dalam koleksi pesawat luar angkasa khas Star Wars, yang juga diproduksi olehnya.
Meskipun mainan Star Wars diproduksi massal, terdapat beberapa figur karakter yang layaknya piala paling dicari bagi kalangan kolektor. Figur "Rocket Firing Boba Fett" dari Star Wars, misalnya, yang bisa menembakkan peluru-peluru roketnya. Namun, produk figur karakter ini gagal masuk pasar karena faktor keamanan. Gara-garanya, pada saat bersamaan, ada kasus seorang anak menelan peluru mainan pesawat dari film Battlestar Gallactica.
Baca Juga: Sebuah Suguhan yang Menarik bahwa Carrie Fisher Gemar Berfilsafat
Mainan Boba Fett hanya segelintir yang sampai ke tangan para kolektor. Kebanyakan kolektor mendapatkan dari para pegawai Kenner karena mainan ini tidak pernah sampai ke pasar eceran. Mereka rela membayar mainan mungil ini mencapai harga $223.000. Harga ini dirasa pantas karena mainan ini sangat langka dan Boba Fett adalah salah satu tokoh fiksi sains yang popular di kalangan pecinta genre ini.
Pada akhirnya, penjualan fantastis mainan langka ini turut mendongkrak penjualan mainan lawas di kalangan kolektor dan penggemar fiksi-sains lainnya. Harga mainan lawas ini meningkat karena barang langka. Bagi penggemar figur karakter, pernak-pernik ini bukan hanya plastik yang dibentuk menjadi sosok sohor, tetapi juga memiliki nilai sentimental layaknya perasaan nostalgia masa kanak-kanak. Ada juga yang menjadikan mainan figur karakter sebagai inspirasi atau karya seni.
Genre ini sedikit terlambat memasuki Indonesia. Namun, pada 1980-an penggemar fiksi-sains mulai muncul di negeri ini. Barangkali, situasinya belum seramai di negara kiblatnya—seperti Jepang dan Amerika Serikat—karena keterbatasan akses informasi.
Baca Juga: Kecelakaan Mobil Membawa George Lucas ke Pembuatan Film dan Star Wars
Saat ini Indonesia telah menjadi salah satu pasar terbesar bagi industri kreatif, khususnya fiksi-sains. Cerita dan imajinasinya diwariskan oleh generasi 1970-an hingga 1990-an kepada generasi kiwari. Kini, budaya fiksi-sains terus berlanjut dan kian populer memperkenalkan minat sains kepada masyarakat.
Figur karakter boleh dikata dapat disejajarkan dengan artefak kuno karena memiliki makna sebagai hasil karya manusia dari budaya populer pada abad ke-20. Bagi para pengikut sains-fiksi, mainan ini merupakan representasi dari identitas mereka. Mainan ini menjadi bentuk terdekat paling nyata yang mereka dapat pegang dan lihat secara aktual dalam menelusuri cerita fiksi-sains yang disaksikan pada layar, buku, komik, dan media lainnya.
Fiksi-sains adalah karya yang abstrak sehingga para penggemar membutuhkan interaksi nyata. Sesuatu yang abstrak biasanya berakhir dengan sebuah simbol tak berwujud fisik. Bagi para kolektor, mainan merupakan simbol tentang apa yang mereka cintai sehingga mereka dapat lebih memaknainya.