Cerita di Balik Hebohnya Video Dugaan Penyiksaan Satwa Langka Simpai

By Utomo Priyambodo, Jumat, 9 April 2021 | 09:00 WIB
Cuplikan video dugaan penyiksaan simpai, satwa langka yang dilindungi. (Screenshot video)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah video berisi konten dugaan penyiksaan terhadap simpai atau surili sumatra (Presbytis melalophos) viral di media sosial. Dalam video itu terlihat sejumlah remaja laki-laki menarik-narik ekor simpai tersebut. Simpai tersebut terlihat menjerit-jerit dan kemudian masuk ke sungai. Saat itu terlihat remaja-remaja itu tertawa melihat si simpai menjerit-jerit kesakitan.

Video itu kemudian diketahui direkam di wilayah Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Data, Sumatra Barat. Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat kemudian dengan cepat menangkap sejumlah pria yang diduga menyiksa simpai tersebut.

Ada enam orang yang diamankan. Mereka adalah MR (15) yang memegang ekor simpai, HF (32) memegang karung, TPT (16) dan JM (45) berada di lokasi itu, A (17) sebagai perekam video, serta RM (18) penyebar video.

"Terduga pelakunya sudah kita amankan bersama penyebar videonya kemarin," kata Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Sumbar Ade Putra seperti dikutip dari Kompas.com. Ade menambahkan, sebelum diamankan, BKSDA Sumbar dan Polda Sumbar melakukan identifikasi lokasi.

Baca Juga: Cerita di Balik Hebohnya Video Penjarahan Gunung Emas di Kongo