Superyacht Besar Meremas Kanal-Kanal Belanda yang Sempit

By Fikri Muhammad, Senin, 26 April 2021 | 12:00 WIB
Proyek superyacht baru Feadship 817 dipandu melalui kanal-kanal Belanda saat dalam perjalanan ke Laut Utara. (Tom van Oossanen)

Nationalgeographic.co.id—Tidak setiap hari kita melihat superyacht raksasa berkelok-kelok di kanal-kanal sempit di Belanda. Syukurlah fotografer Tom van Oossanen menangkan pemandangan yang menakjubkan saat kapal setinggi 94 meter diangkut dari Pulau Kaag ke Laut Utara di Rotterdam.

Pada serangkaian gambar, kapal bernama project 817 yang akan dluncurkan pada 2021 itu dipandu melalui air dengan kapal tunda. Melewati rumah dan gereja, Orang-orang pun melihatnya dengan takjub.

Menurut Oossanen di CNN Travel, sekitar empat hingga enam superyacht dipindahkan di sepanjang rute ini setiap tahun sebelum melakukan uji coba laut, yang biasanya dilakukan di Amsterdam. Namun, hanya sedikit yang sebesar project 817. 

Kapal 94 meter itu bermanuver melintasi jembatan di Woubrugge selama perjalanan yang rumit. (Tom van Oossanen)

"Ini selalu sebuah operasi," kata Oossanen. "Semua orang suka melihatnya." 

Namun manuver ini menyebabkan gangguan serius di darat dan air. Apalagi jika kita punya janji dengan dokter gigi. "Maka anda tidak akan berhasil," kata Oossanen. "Kadang-kadang dibutuhkan satu jam untuk melewati jembatan, dan dengan jumlah lalu lintas yang kami miliki di Belanda, jembatan itu segera meningkat."

Baca Juga: 24 April 1957, Terusan Suez Dibuka Kembali Setelah Krisis Sinai