Superyacht Besar Meremas Kanal-Kanal Belanda yang Sempit

By Fikri Muhammad, Senin, 26 April 2021 | 12:00 WIB
Proyek superyacht baru Feadship 817 dipandu melalui kanal-kanal Belanda saat dalam perjalanan ke Laut Utara. (Tom van Oossanen)

Nationalgeographic.co.id—Tidak setiap hari kita melihat superyacht raksasa berkelok-kelok di kanal-kanal sempit di Belanda. Syukurlah fotografer Tom van Oossanen menangkan pemandangan yang menakjubkan saat kapal setinggi 94 meter diangkut dari Pulau Kaag ke Laut Utara di Rotterdam.

Pada serangkaian gambar, kapal bernama project 817 yang akan dluncurkan pada 2021 itu dipandu melalui air dengan kapal tunda. Melewati rumah dan gereja, Orang-orang pun melihatnya dengan takjub.

Menurut Oossanen di CNN Travel, sekitar empat hingga enam superyacht dipindahkan di sepanjang rute ini setiap tahun sebelum melakukan uji coba laut, yang biasanya dilakukan di Amsterdam. Namun, hanya sedikit yang sebesar project 817. 

Kapal 94 meter itu bermanuver melintasi jembatan di Woubrugge selama perjalanan yang rumit. (Tom van Oossanen)

"Ini selalu sebuah operasi," kata Oossanen. "Semua orang suka melihatnya." 

Namun manuver ini menyebabkan gangguan serius di darat dan air. Apalagi jika kita punya janji dengan dokter gigi. "Maka anda tidak akan berhasil," kata Oossanen. "Kadang-kadang dibutuhkan satu jam untuk melewati jembatan, dan dengan jumlah lalu lintas yang kami miliki di Belanda, jembatan itu segera meningkat."

Baca Juga: 24 April 1957, Terusan Suez Dibuka Kembali Setelah Krisis Sinai

Pulau Kaag adalah salah satu dari dua galangan kapal Feadship yang berbasis di pedalaman. Dengan kata lain, setiap kapal pesiar yang dikirim dari sini harus ditarik dengan susah payah dengan cara yang sama. 

"Mereka (dua galangan kapal) sebenarnya cukup jauh dari Laut Utara, jadi untuk mengangkut yacht ke laut, mereka harus melewati kanal kecil ke Rotterdam," jelasnya. "Hanya ada satu cara untuk pergi."

Beberapa bagian kanal di sepanjang rute hanya beberapa meter lebih lebar dari proyek 817, yang membentang 44,7 kaki dari pelabuhan ke kanan, jadi itu membutuhkan perhatian yang besar. 

Superyacht biasanya dipandu ke laut oleh tim yang terdiri dari lima ahli dan kru di dalamnya, menurut Feadship. (Tom van Oossanen)

"Perahu ini telah sepenuhnya dirancang agar benar-benar sesuai dengan jalur air," kata Oossanen, sambil menunjukkan bahwa dia hanya pernah melihat empat superyacht sebesar ini melakukan perjalanan yang sama. 

"Jadi para desainer mungkin tidak bisa menambahkan satu sentimeter lagi untuk panjang atau lebarnya. Mereka memaksimalkan desain dengan batasan jembatan dan saluran air," tambahnya.

Feadship mengatakan durasi transfer bergantung pada beberapa faktor. Seperti jadwal angin dan jembatan. Pengangkutan proyek 817 pun memakan waktu sekitar empat hari.