Kiprah Sepatu Vans Sebagai Sepatu Skate Populer Sepanjang Masa

By Fikri Muhammad, Sabtu, 15 Mei 2021 | 07:00 WIB
VANS berkolaborasi dengan National Geographic. (VANS)

Nationalgeographic.co.id—Sulit membayangkan skateboarding tanpa kehadiran sepatu Vans—sering dianggap sebagai pemimpin industri dalam sepatu dan pakaian skate.

Perusahaan yang berbasis di California ini telah berkembang dari favorit lokal hingga menjadi sponsor acara BMX, selancar, dan seluncur salju.

Awalnya perusahaan ini bernama Van Doren Rubber Company, mereka adalah produsen spesialisasi sepatu yang khusus dibuat untuk olahraga ekstrem. 

Vans menyediakan produkny—sebagian besar—untuk pasar anak muda. Selain sepatu, Vans jua menjual busana seperti kaos oblong, hoodies, kaos kaki, jam tangan, dan aksesori lainnya.

Sejak awal, tidak pernah terlihat bahwa Paul Van Doren akan menjadi pebisnis yang sukses. Dia putus sekolah di kelas delapan untuk mengejar ketertarikannya pada kuda. Tetapi berakhir di trek balap.

Ibunya yang kecewa memaksanya bekerja di pabrik sepatu tempatnya bekerja. Selama 20 tahun berikutnya, Paul bekerja sebagai wakil presiden eksekutif di Randy's, sebuah perusahaan sepatu di Boston.

Baca Juga: Unik, Kerangka dari Abad Pertengahan Ditemukan Memakai Sepatu Bot