Pengamatan Terbaru: Masih Ada Burung Terancam Punah di Teluk Jakarta

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 10 Mei 2021 | 19:00 WIB
Cangak abu (Ardea cinerea) adalah burung air residen (lokal) yang hidup di dalam kawasan Hutan Lindung Angke Jakarta. Cangak abu hidup di kawasan pesisir dengan ikan dan kerang sebagai makanannya. (Donny Fernando/National Geographic Indonesia)

 

Nationalgeographic.co.id—Di atas perahu nelayan kecil di Muara Hutan Lindung Angke Kapuk, DKI Jakarta, Esti Komariyah sesekali berseru setiap menemukan burung yang langka. Ia pun menyampaikan pada rekannya, Ahmad Baihaqi atau yang akrab disapa Abay.

Abay segera menulis 'Burung Bluwok: 1' di buku catatan kecilnya. Catatan itu berisi jumlah dan jenis burung apa saja yang ditemukan.

Esti adalah salah satu pengamat burung yang dikoordinatori Abay dalam program pengamatan yang diadakan Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI. Pengamatan yang dilakukan sejak 2015 ini juga dalam memperingati Hari Burung Migrasi Sedunia.

Bagaimana kisah pengamatan burung di pesisir Jakarta ini?

Burung Cangak Abu terlihat pada pagi hari di sekitar pesisir Hutan Lindung Angke-Kapuk, Jakarta. Hutan Lindung Angke-Kapuk terletak di di wilayah pesisir peralihan antara daratan dan lautan di bagian barat laut DKI Jakarta. (Donny Fernando/National Geographic Indonesia)