Untuk Pertama Kalinya, Robot Penjelajah Tiongkok Mendarat di Mars

By Utomo Priyambodo, Selasa, 18 Mei 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi robot penjelajah Mars dan wahana pendarat milik Tiongkok. (Steve Jurvetson from Los Altos/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Untuk pertama kalinya, robot penjelajah dari Tiongkok berhasil mendarat di Planet Mars. Pendaratan yang berlangsung mulus tersebut dilaporkan terjadi pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Program luar angkasa Tiongkok telah membuat lompatan besar pada 2021 ini dengan capaiannya mendaratkan robot penjelajah bernama Zhurong tersebut di Mars. Peristiwa bersejarah ini juga menandai pendaratan pertama negara itu di planet lain.

Sebelumnya, pesawat luar angkasa Tiongkok bernama Tianwen-1 telah berhasil mengorbit di Mars sejak Februari lalu. Selama berbulan-bulan pesawat antariksa tersebut mengamati permukaan Mars untuk menyiapkan peluncuran wahana pendarat yang membawa robot penjelajah Zhurong tersebut. Penaaratan oleh wahana pendarat di Planet Merah tersebut akhirnya sukses dilakukan.

Kini, tim dari Badan Antariksa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) sedang bersiap untuk melepaskan robot penjelajah dari wahana pendaratnya. Rencananya, robot penjelajah itu akan digerakkan ke area permukaan Mars yang berdebu untuk memulai misi mencari bukti air dan petunjuk kehidupan masa lalu di Planet Merah itu.

Touchdown atau pendaratan ini menjadikan Tiongkok sebagai negara kedua dalam sejarah yang berhasil mendaratkan robot penjelajah di permukaan Mars. Robot penjelajah Zhurong itu kini telah berada di Utopia Planitia, dataran luas yang mungkin pernah tertutup oleh lautan kuno Mars.

Baca Juga: NASA Bikin Peta Endapan Es di Mars, Jadi Pedoman Pencarian Sumber Air

Kawah Jezero, kawah beku lainnya yang ada di Mars. (NASA)