Jawa Timur, Sarang Tokoh-Tokoh Kebangkitan Nasionalisme Indonesia

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 21 Mei 2021 | 08:22 WIB
Anak-anak keturunan Arab di Surabaya. Surabaya menjadi salah satu tempat persemaian bangkitnya nasionalisme Indonesia. ( P.J. van Winter/KITLV 25116)

Nationalgeographic.co.id—Jawa Timur, khususnya Surabaya, di masa Hindia Belanda menjadi tempat berkumpulnya beberapa tokoh pergerakan nasionalisme. Seperti Soekarno, Soetomo, Oemar Said Tjokroaminoto, Liem Koen Hian, dan Abdurrahman Baswedan.

Sebelum nasionalisme akan persatuan Indonesia muncul, menurut sejarawan Leiden Unviersity, Adrian Perkasa, yang ada hanyalah nasionalisme kedaerahan. Dan rasa nasionalisme kedaerahan sendiri masih bertahan pada awalnya, meski nasionalisme Indonesia secara luas baru lahir.

"Pra-nasionalisme Indonesia, yakni nasionalisme kedaerahan seperti nasionalisme Batak, nasionalisme Minahasa, dan ada juga Tionghoa dan Arab yang pro tempat asalnya dan ada juga yang mendukung Indonesia," paparnya dalam Webinar Hari Kebangkitan Nasional, Rabu (20/05/2021).

Trem listrik di jalanan Gemblongan, Surabaya, dengan Fotax Fotografisch Magazijn en Atelier di sisi kiri, dan Yamato di sisi kanan. Foto sekitar 1938. (KITLV)