Cara Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak: Latih Kognitif Mereka

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 23 Mei 2021 | 10:00 WIB
Siswa laki-laki sedang mengerjakan soal matematika. Matematika sangat penting untuk kehidupan. Dua peneliti dari Swedia mengungkap cara meningkatkan kemampuan matematika lewat latihan kognitif. (CherriesJD/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Matematika adalah ilmu pasti yang sangat berperan dalam memecahkan masalah. Berkat matematika, kita bisa mengerti kisaran harga belanja di pasar, hingga melatih logika dalam permainan seperti catur.

Banyak orangtua yang memaksakan anaknya untuk mengikuti les agar kemampuannya dalam mata pelajar di sekolah lebih baik. Alih-alih mengharuskan anak untuk les matematika, dua peneliti Department of Neuroscience, Karolinska Institutet, Swedia, mengungkapkan cara lain.

Mereka adalah Nicholas Judd dan Klingberg. Dalam laporannya, meningkatkan kemampuan matematika Anak bisa dengan melatih kognitif atau ingatannya secara visual. Cara ini dapat dilanjutkan dengan latihan penalaran mereka.

Mereka menulis, latihan ingatan secara visual ini mendukung gagasan pelatihan kognisi spasial dalam masalah matematika. Kognisi spasial adalah cara untuk memahami dan mengingat hubungan dimensi di antara objek.

Baca Juga: Sains Memaafkan, Belajar Memberi Maaf Baik bagi Fisik dan Mental