Wisata Ratu Bajak Laut Irlandia Grace O'Malley yang Melegenda

By Fikri Muhammad, Senin, 24 Mei 2021 | 19:49 WIB
Grace O'Malley (c. 1530 – c. 1603), dikenal sebagai tuan tanah, kapten laut, dan aktivis politik. Kastil Bunowen di Co Galway adalah basis operasi pertama Grace. (Irish Post/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Hampir lima abad lalu, seorang gadis Irlandia berusia 11 tahun memohon kepada ayahnya untuk naik kapalnya dan berbagung pada ekspedisi berikutnya. Permintaannya ditolak, alasannya karena rambut merah panjang miliknya akan tersangkut di tali kapal.

Kali berikutnya sang ayah melihat putrinya hampir botak. Gadis itu mencukur rambutnya sendiri. Itu adalah langkah berani pertama dari calon ratu bajak laut.

Namanya adalah Grace O'Malley. Julukkan lautannya ialah Granuaile atau Bald Grace. Dikatakan bahwa ia pernah tawar-menawar dengan Ratu Elizabeth I, memberontak tentara Inggris, dan memimpin kapal untuk menjarah lautan, bahkan saat sedang hamil tua.

Sekarang kisah bajak laut ini menjangkau khalayak yang lebih luas. Jalur wisata Granuaile sedang dikembangkan oleh Mayo County Council dan Falite Ireland, badan pariwisata nasional negara itu.

Patung Grainne Mhaol Ni Mhaille (Grace O'Malley, 1530-1603), Bajak Laut Irlandia, berlokasi di Westport House, Co. Mayo, Irlandia. (Suzanne Mischyshyn/Wikimedia Commons)