Anak Malaysia Terinfeksi Virus Corona Baru yang Berasal dari Anjing

By Utomo Priyambodo, Selasa, 25 Mei 2021 | 15:00 WIB
ilustrasi anjing dan pemiliknya. (DGLimages)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sebuah riset terbaru, tim peneliti gabungan dari beberapa bidang dan negara mendeteksi virus corona baru dalam sampel tes usap yang diperoleh dari seorang anak Malaysia. Si anak ini pernah menderita pneumonia pada 2018. Jika virus tersebut dipastikan menyebabkan penyakit pada manusia, itu akan menjadi virus corona manusia kedelapan yang diketahui dan yang pertama berasal dari anjing, kata para peneliti.

Namun, penelitian yang laporannya terbit di jurnal Clinical Infectious Diseases pada Kamis, 20 Mei 2021, itu tidak dapat membuktikan apakah virus corona pada anjing tersebut yang menyebabkan pneumonia pada anak itu atau apakah mikroba lain menjadi penyebabnya. Sebab, anak tersebut juga ditemukan terinfeksi rhinovirus, virus yang menyebabkan flu biasa pada manusia.

Virus corona baru ini memang ditemukan pada anjing. Namun, jikapun virus corona baru tersebut memang menyebabkan penyakit pada pasien anak di Malaysia tiga tahun lalu, tidak jelas apakah virus corona ini, yang secara genetik mirip dengan virus corona anjing lainnya, dapat menyebar dari manusia manusia.