Kisah-Kisah Werewolf Pada Dunia Nyata dan Penjelasan Medisnya

By Fikri Muhammad, Sabtu, 29 Mei 2021 | 20:00 WIB
Ilustrasi serigala dan red full moon. (SOLAR WOLF ENERGY)

Nationalgeographic.co.id—Werewolf atau manusia serigala adalah hewan mitologis dari banyak cerita di seluruh dunia.  Menurut beberapa legenda, ia adalah orang yang berubah menjadi serigala ganas dan kuat. Lainnya adalah kombinasi mutan manusia dan serigala. Tetapi semuanya adalah binatang haus darah yang tak bisa mengendalikan nafsu untuk membunuh manusia dan hewan.

Tidak jelas kapan tepatnya dan dari mana legenda werewolf itu berasal. Beberapa sarjana percaya bahwa manusia serigala memulai debutnya dalam The Epic of Gilgamesh. Inilah prosa Barat tertua yang sampai pada kita. Alkisah, Gilgamesh ditolak mentah-mentah oleh calon kekasih karena dia telah mengubah pasangan sebelumnya menjadi serigala. 

Kemunculan lainnya pada mitologi Yunani dengan Legenda Lycaon. Menurut Legenda, Lycaon seorang putra Pelasgus membuat marah dewa Zeus ketika dia menyajikan makanan yang terbuat dari sisa-sisa anak laki-laki yang dikorbankan. Sebagai hukuman, Zeus yang marah mengubah Lycaon dan putranya menjadi serigala. 

Raja Lycaon, diukir oleh Hendrik Goltzius, Belanda, 1589. (WIKIMEDIA)