Studi: Makan Jamur Setiap Hari Bisa Mengurangi Separuh Risiko Kanker

By Utomo Priyambodo, Jumat, 4 Juni 2021 | 13:47 WIB
Hidangan makanan jamur. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id—Menurut sebuah studi terbaru, makan jamur setiap hari dapat mengurangi hampir separuh risiko kanker. Banyaknya jamur yang dianjurkan dimakan setiap hari ini hanya 18 gram atau kira-kira setara dengan dua jamur berukuran sedang.

Laporan studi tersebut, yang merupakan sebuah meta-analisis oleh para peneliti di Pennsylvania State University, telah terbit di jurnal Advances in Nutrition tahun 2021 ini. Studi tersebut menemukan hubungan terbalik yang sangat kuat antara konsumsi jamur dan risiko kanker dengan menganalisis 17 studi kanker yang diterbitkan antara tahun 1966 dan 2020.

Selama ini jamur memang sering dianggap sebagai “makanan super” karena kaya akan vitamin, nutrisi, dan antioksidan. Ada beberapa jenis jamur, seperti jamur shiitake dan tiram, yang memiliki jumlah ergothioneine yang lebih tinggi. Ini adalah asam amino penting telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

Namun menurut studi terbaru ini, makan semua jenis jamur—tidak harus hanya shitake dan tiram—setiap hari tampaknya menurunkan risiko kanker hingga 45 persen.