Empat Perubahan Gaya Hidup Ini Bisa Meningkatkan Angka Harapan Hidup

By Utomo Priyambodo, Jumat, 11 Juni 2021 | 17:20 WIB
Makanan sehat (shironosov)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian terbaru menguraikan banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur atau meningkatkan angka harapan hidup Anda. Informasi ini dinilai sangat penting karena pada Mei 2021 Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan pandemi telah memperpendek rentang hidup orang-orang di Amerika dan tampaknya juga terjadi pada orang-orang di seluruh dunia yang terdampak oleh pandemi COVID-19 ini.

Pada paruh pertama tahun 2020, rata-rata harapan hidup di Amerika Serikat ternyata turun satu tahun. "Pikirkan tentang efek yang Anda ketahui bahwa stres dan masalah kesehatan mental dapat berdampak pada kesehatan fisik Anda," kata sosiolog Kyla Thomas, Phd dari USC Dornsife Center for Economic and Social Research, seperti dilansir ABC7.

Apa yang ditemukan CDC itu selaras dengan apa yang ditemukan para peneliti USC ketika mereka mendokumentasikan korban-korban pandemi di Amerika. "Kami melihat lonjakan nyata dalam tingkat kerawanan pangan, yaitu tingkat orang yang khawatir menemukan makanan atau tidak makan selama sehari karena mereka tidak punya uang untuk membeli makanan. Saya bisa membayangkan dampaknya pada tingkat kematian kita," katanya.