Bencana Costa Concordia dan Kesalahan Manusia Membuatnya Lebih Buruk

By Fikri Muhammad, Kamis, 24 Juni 2021 | 13:00 WIB
Bangkai kapal itu bukan karena cuaca yang tak terduga atau kerusakan kapal. Itu adalah bencana yang disebabkan oleh serangkaian kesalahan manusia. (European Parliament News) ()

Nationalgeographic.co.id—Banyak bencana laut yang terkenal, tapi pada 13 Januari 2012 lalu, Costa Concordia hancur di lepas pantai sebuah pulau Italia di perairan yang relatif dangkal.

Bencana yang sebetulnya dapat dihindari itu menewaskan 32 orang dan melukai banyak orang lainnya. Membuat para penyelidik bertanya-tanya: Mengapa kapal pesiar mewah itu berlayar begitu dekat dengan pantai?

Selama persidangan, jaksa datang dengan penjelasan: Kapten kapal telah berlayar begitu dekat ke pulau untuk mengesankan seorang penari Moldova. Apakah Kapten Francesco Schettino berusaha mengesankannya? itu masih diperdebatkan.

Schettino bersikeras bahwa kapal berlayar ke dekat pantai untuk memberi hormat pelaut lain dan memberikan penumpang pandangan yang baik. Tapi apapun alasannya, pengadilan Italia menemukan kapten, empat anggota awak, dan satu pejabat dari perusahaan kapal bersalah karena menyebabkan bencana dan mencegah evakuasi yang aman.