Ron Allen, Astronom yang Tak Sengaja Menemukan Struktur Kosmik Raksasa

By Utomo Priyambodo, Jumat, 9 Juli 2021 | 16:53 WIB
Ronald John Allen (1940-2020) atau biasa disapa Ron Allen, seorang profesor fisika dan astronomi di Johns Hopkins University. (National Radio Astronomy Observatory )

Nationalgeographic.co.id—Para astronom secara tidak sengaja menemukan struktur kosmik raksasa yang sebelumnya tidak diketahui sains. Penemuan struktur kosmik ini tampaknya dapat mengubah pengetahuan kita tentang bagaimana bintang-bintang muncul.

Struktur kosmik tersebut, yang terdiri atas sejumlah besar gas, terbentang di atas piringan Galaksi Bima Sakti dan mungkin lebih jauh lagi. Penemuan itu dicapai oleh tim astronom yang dipimpin oleh Ronald John Allen atau biasa disapa Ron Allen, seorang profesor fisika dan astronomi di Johns Hopkins University.

Sebelumnya, sebagaimana dilansir Science Times, baru-baru ini para astronom mengusulkan bahwa mungkin ada lebih banyak planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang-bintang lain daripada yang diperkirakan sebelumnya. Planet-planet itu mungkin mengisi tempat-tempat yang selama ini kita yakini sebagai ruang vakum atau ruang kosong di luar angkasa. Ruang vakum ini didefinisikan oleh para astronom sebagai ruang kosong antara bintang-bintang dan planet-planet.