Fosil Ini Ungkap Dinosaurus Buang Air Kecil Hingga Berhubungan Intim

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 15 Juli 2021 | 15:00 WIB
Fosil Psittacosaurus dalam koleksi Senckenberg Museum of Natural History in Frankfurt menyimpan satu-satunya lubang kloaka dinosaurus yang diketahui. (CNN)

Nationalgeographic.co.idDinosaurus adalah binatang raksasa dari zaman prasejaran yang termasuk dalam kelompok reptilia bumi (pemakan daging ataupun pemakan tumbuhan) yang kini telah musnah. Bicara tentang dinosaurus, banyak orang yang mungkin sudah bisa menjawab lancar jika ditanya bagaimana rupanya, makanan, atau yang apa telah membunuh mereka.

Tapi, bagaimana dengan pertanyaan tentang cara pasti dinosaurus berhubungan seks, buar air kecil dan  buang air besar? Pastinya, banyak orang yang masih akan kesulitan menjawab pertanyaan itu. Terlebih, menurut laporan, tidak ada fosil awet yang menggambarkan dua dinosaurus sedang kawin.

Namun kali ini, teka-teki tersebut perlahan mulai terjawab setelah peneliti menemukan fosil Psittacosaurus dari China. Psittacosaurus merupakan sejenis ceratopsian, kelompok dinosaurus herbivora berparuh yang hidup awal sekitar 101 hingga 126 juta tahun lalu.