Penerbangan Perdana, Blue Origin Bawa Astronaut Termuda dalam Sejarah

By Ricky Jenihansen, Jumat, 16 Juli 2021 | 09:05 WIB
Blue Origin akan membawa penumpang berusia 18 tahun pada penerbangan berawak pertamanya. (Teslarati)

Nationalgeographic.co.id—Perusahaan swasta dirgantara Amerika Serikat, Blue Origin berencana pertama kalinya membawa astronaut termuda dalam sejarah dalam penerbangan luar angkasa. Penerbangan itu akan dilaksanakan pada 20 Juli 2021.

Perusahaan Blue Origin dimiliki oleh miliarder Jeff Bezos. Mereka mengumumkan pada Kamis, 15 Juli 2021, bahwa pemuda berumur 18 tahun bernama Oliver Daemen akan menjadi pelanggan pertama yang akan terbang bersama roket New Shepard. Roket berawak ini akan lepas landas dan mendarat secara vertikal milik Blue Origin.

Sejauh ini astronaut termuda yang mencapai luar angkasa adalah Gherman Titov. Usianya 25 tahun ketika dia terbang dalam misi Vostok 2 Uni Soviet pada tahun 1962.

Oliver, awalnya tidak lolos dalam lelang kursi keempat senilai 28 juta USD atau sekira Rp406 miliar oleh Blue Origin belum lama ini. Namun, individu pemenang lelang yang tidak disebutkan namanya itu tidak bisa memenuhi jadwal penerbangan. Kemungkinan individu itu akan bergabung dengan penerbangan Blue Origin pada kesempatan lain.