Prediksi 1972 Tentang Kehancuran Global pada 2040 Tampak Sesuai Jalur

By Fikri Muhammad, Jumat, 23 Juli 2021 | 17:00 WIB
Perubahan iklim berdampak pada krisis air di dunia. Krisis iklim berdampak pada tingginya risiko bencana alam. Kejadian-kejadian buruk dapat terjadi karena tidak adanya upaya untuk mencegahnya. (piyaset/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Manusia akan berada di jalur kerutuhan dalam dua dekade mendatang jika tidak ada perubahan serius dalam prioritas global, menurut penelitian ulang baru dari laporan tahun 1970-an, Vice melaporkan. 

Laporan yang ada dalam buku terlaris The Limits to Growth (1972) itu, para ilmuwan MIT berpendapat bahwa peradaban industri pasti akan runtuh jika perusahaan dan pemerintah terus mengejar pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, berapa pun biayanya.

Para peneliti memperkirakan 12 skenario untuk masa depan, sebagian besar meramalkan titik di mana sumber daya alam akan menjadi sangat langka sehingga pertumbuhan ekonomi lebih lanjut menjadi tidak mungkin dan kesejahteraan pribadi akan anjlok. 

Sekenario laporan yang paling terkenal ialah Business as Usual (BAU), yang meramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia akan mencapai puncaknya sekitar tahun 2040-an. Kemudian mengalami penurunan tajam, bersama dengan populasi global, ketersediaan pangan dan sumber daya alam.