Selidik Pemanfaatan Racun Alami Untuk Menuntaskan Pengobatan

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 10 September 2021 | 20:02 WIB
Kadal gila yang difoto di Kebun Binatang Atlanta di Georgia. Kadal berbisa ini berasal dari Amerika Utara. Para ilmuwan sedang memilah-milah zat beracun alam untuk mempelajari cara kerja komponen molekuler mereka. (Joel Sartore/National Geographic Photo Ark)

Nationalgeographic.co.id—Sam Robinson melakukan kontak pertama yang menyiksa dengan pohon penyengat raksasa selama pendakian hutan hujan pada 2018. Dia menemukan Dendrocnide excelsa di Taman Nasional Main Range Australia, dan dia memegang bulu pohon dengan tangan kirinya untuk melihat apakah sengatannya sesuai reputasinya yang menakutkan.

“Ternyata, itu memang seburuk yang dikatakan semua orang,” katanya sambil tertawa kepada National Geographic. “Sungguh mengejutkan mengalami tingkat rasa sakit dari tanaman.”

“Nyeri hebat yang mencekam” menjalar ke lengan kirinya dan menghantam sisi kiri dadanya. Beberapa bulan kemudian, dia menyentuh jenis pohon yang sama lagi, kali ini dengan tangan kanannya, dan rasa sakit itu hanya mengenai sisi kanan dadanya—menunjukkan bahwa rasa sakitnya hanya pada sisi tertentu.