Cetakan Tangan Anak-Anak Ini Diklaim sebagai Seni Praserajah Tertua

By Utomo Priyambodo, Rabu, 15 September 2021 | 16:00 WIB
Gambar cetakan tangan anak-anak di Tibet yang disebut sebagai temuan seni prasejarah tertua di dunia. (Zhang et al., Science Bulletin, 2021))

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim peneliti internasional mengeklaim telah menemukan seni prasejarah paling awal di dunia. Bentuk seni prasejarah paling tua sedunia ini berbentuk cetakan tangan dan kaki anak-anak yang ditemukan di dataran tinggi Tibet.

Tim peneliti berpendapat bahwa cetakan ini merupakan contoh paling awal dari seni parietal. Seni parietal adalah lukisan, gambar, dan ukiran di permukaan batu –-semacam seni cadas yang banyak ditemukan di gua-gua, meskipun cetakan tangan anak-anak di Tibet itu bukan berada di gua.

Matthew Robert Bennett dan Sally Christine Reynolds dari Bournemouth University menjelaskan dalam sebuah artikel di The Conversation bahwa batu kapur yang menimpan cetakan tangan anak-anak itu berasal dari ratusan ribu tahun lalu. "Ini akan menjadikan situs tersebut sebagai contoh paling awal yang diketahui saat ini dari jenis seni ini di dunia," tulis mereka dalam artikel tersebut.