Para Petani Rangkap Peneliti, dan Kisahnya Menghadapi Perubahan Iklim

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 17 September 2021 | 12:00 WIB

 

Nationalgeographic.co.id - Sudah banyak berita yang menyampaikan dampak perubahan iklim yang makin nyata. Tetapi, bukan berarti pengetahuan seputar itu telah mencapai banyak pihak kalangan awam, seperti segelintir petani.

Padahal petani adalah garda terdepan dalam ketahanan pangan, melalui tangan dan pengetahuan yang kaya seputar tanaman untuk kebutuhan nasional. Tanpa peran mereka, krisis pangan bisa terjadi akibat gagal panen karena permasalahan cuaca yang menghadang.

Pengetahuan tentang perubahan iklim sendiri terkesan terlalu akademis, atau hanya dipahami kalangan ilmuwan. Tetapi, lewat pendekatan agrometeorologi, dinding pemisah antara petani dan peneliti menjadi hilang. Pendekatan ini membuat para petani bisa mengamati dan menganalisis.

"Kita setiap hari pengamatan, dan kita ukur curah hujan. Dari situ kita bisa mengantisipasi kegagalan panen, karena kita punya besar yang dijadikan seperti 'primbon' untuk mengantisipasi kegagalan tadi," ungkap Yusup, petani dari Indramayu yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Tanggap Perubahan Iklim (PTPI).