Menelusuri dan Meluruskan Sejarah dari Istilah 'Jancok' di Surabaya

By Galih Pranata, Senin, 20 September 2021 | 19:30 WIB
Pasukan KNIL berfoto di depan Tank Stuart M3 miliki Captain Nix dalam operasinya di Garut pada 1947. (Minesterie van Defensie)

Nationalgeographic.co.id—Jancok atau dancok adalah istilah bahasa Jawa yang menjadi bagian dari kehidupan komunitas masyarakat Jawa Timur. Umumnya kata ini akan biasa dijumpai atau dibicarakan oleh komunitas orang Jawa khususnya di wilayah Jawa Timur seperti di Surabaya dan Malang.

Menariknya, di beberapa wilayah di luar Jawa Timur, orang akan menganggap jancok sebagai bahasa yang sangat negatif atau cenderung kasar. Seperti halnya di bekas wilayah Vorstenlanden (bekas Keresidenan Yogyakarta dan Surakarta), dianggap saru (tidak sopan atau tidak pantas).

"Mereka sudah biasa mengucapkan kata ini dimanapun dan kapanpun mereka bertemu seseorang di jalan atau di komunitas mereka" tulis Yam Saroh. Ia menulis dalam artikelnya berjudul Discourse Analysis About "Jancok or Dancok" In Discourse (Semantic And Pragmatic), dipublikasikan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Jombang pada tahun 2010.