Cara Sains Terbaru Melindungi Kesuburan Anak Lelaki Obesitas

By Wawan Setiawan, Selasa, 28 September 2021 | 15:00 WIB
Penurunan berat badan jangka pendek dapat meningkatkan fungsi sel Leydig dan membantu melindungi kesuburan di masa depan untuk anak laki-laki dengan obesitas. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Menurut data yang dipresentasikan langsung di pertemuan virtual European Society for Pediatric Endocrinology pada 23 September kemarin, penurunan berat badan jangka pendek dapat meningkatkan fungsi sel Leydig dan membantu melindungi kesuburan di masa depan untuk anak laki-laki dengan obesitas.

Sebanyak 34 anak laki-laki obesitas berusia 10 hingga 18 tahun berpartisipasi dalam program pendidikan terapeutik selama 12 minggu. Mereka mengalami peningkatan testosteron pada akhir program dibandingkan saat awal. Peneliti mengetahui adanya peningkatan yang berhubungan dengan pengurangan massa lemak. Perubahan ini diamati pada penanda fungsi sel Leydig dan tidak pada penanda fungsi sel Sertoli.

Sel-sel Leydig di testis menjadi aktif pada masa pubertas untuk menghasilkan hormon utama pria, testosteron. Sel sertoli di testis sangat penting untuk produksi sperma yang sehat dan menghasilkan beberapa hormon reproduksi, penting untuk pematangan sperma.