Manuskrip Berusia 500 Tahun Ungkap Kultus Keagamaan Abad Pertengahan

By Utomo Priyambodo, Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Manuskrip kuno berupa gulungan doa yang berusia 500 tahun. Isinya berupa lembaran-lembaran kulit sapi berisi teks dan gambar yang disatukan. (Gail Turner)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah mansukrip berusia 500 tahun telah menyingkap keberadaan kultus keagamaan pada abad pertengahan. Manuskrip ini adalah berupa gulungan doa dari era abad pertengahan yang memiliki panjang mencapai satu meter.

Gail Turner, seorang sejarawan sekaligus peneliti sejarah seni, telah menganalisis manuskrip atau gulungan doa yang penting ini. Menurutnya, mansukrip ini telah memberi wawasan baru tentang ziarah Kristen dan kultus Salib sebelum pembubaran biara-biara oleh Henry VIII.

Dalam laporan studi atas analisisnya terhadap gulungan doa ini, Turner mengatakan manuskrip ini telah mengungkap sisi kepercayaan Katolik di Inggris sebelum Reformasi pada abad keenam belas. Laporan hasil pemeriksaan Turner terhadap teks dan ilustrasi gulungan kuno ini, termasuk ayat-ayat agama dalam bahasa Latin dan Inggris di dalamnya, telah diterbitkan di Journal of British Archaeological Association pada 25 Oktober 2021.