Apakah para Hewan Juga Bisa Merasakan Mabuk Pesawat? Inilah Jawabannya

By Agnes Angelros Nevio, Minggu, 31 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Komodo yang sedang tertidur di jalur short track Pulau Komodo. (Fikri Muhammad)

Nationalgeographic.co.id - Jet lag adalah fenomena yang agak baru-baru ini memasuki usia seratus tahun. Penerbangan internasional pertama (yang berarti perubahan zona waktu) terjadi pada tahun 1919 antara London dan Paris. Namun, baru pada tahun 1960-an istilah tersebut masuk ke media arus utama.

Pada 13 Februari 1966, artikel reporter Horace Sutton di Los Angeles Times mengatakan, “Jika Anda akan menjadi anggota Jet Set dan terbang ke Katmandu untuk minum kopi bersama Raja Mahendra, Anda dapat mengalami Jet Lag, kelelahan yang mirip dengan kondisi setelah mabuk (hangover).”

Apa itu jet lag?

“Jet Lag berasal dari fakta sederhana bahwa jet terbang begitu cepat sehingga meninggalkan ritme tubuh Anda,” Sutton lebih lanjut mencatat dalam artikel tersebut.

Ritme sirkadian tubuh kita mempertahankan jadwal tidur atau bangun Anda, itulah sebabnya hal tersebut juga dikenal dengan sebutan 'body clock (jam tubuh)'. Selaras dengan siklus siang dan malam, ritme sirkadian kita memengaruhi segalanya mulai dari suhu tubuh hingga rasa lapar, dan, tentu saja, tidur. Ketika kita mengubah zona waktu, ‘jam tubuh’ internal kita bertahan dari zona waktu yang kita tinggalkan.

Pertimbangkan bahwa Anda bepergian dari Tokyo, Jepang, ke San Francisco, AS. Penerbangan memakan waktu sekitar 9 jam 25 menit. Jika Anda meninggalkan Jepang pada pukul 17:50, Anda akan mendarat di AS pada pukul 11:15. Namun, di kepala Anda, itu akan menjadi sekitar 3:30. Jadi, meskipun cuaca cerah di San Francisco (atau Philadelphia), otak dan tubuh Anda masih berada di Tokyo, tempat bulan baru mulai muncul.

Setiap pebisnis atau selebriti sangat menyadari gejala jet lag. Kelelahan, sakit kepala, sakit perut, dan ketidakmampuan untuk tidur adalah hal biasa, tetapi bagaimana dengan hewan peliharaan Anda yang bepergian dengan penerbangan yang sama? Bagaimana dengan hewan-hewan yang diterbangkan ke seluruh dunia untuk penelitian atau hiburan?

Kita mungkin suka menganggap diri kita sebagai spesies yang paling menonjol di dunia, tetapi ritme sirkadian tidaklah hal yang unik bagi manusia. Kehidupan, dalam arti luas—hewan, tumbuhan, dan bahkan bakteri— juga memiliki ritme sirkadian.

Kita hanya tahu apakah seekor hewan mengalami jet lag ketika kita mempelajarinya secara eksperimental. Secara teoritis, setiap hewan dengan ritme sirkadian akan mengalami jet lag dalam keadaan yang tepat. Akan tetapi, seperti yang akan Anda lihat, alam tidak selalu cocok dengan teori.

Hewan yang bisa mengalami jet lag

Kita mungkin tahu lebih banyak tentang bagaimana jet lag memengaruhi tikus daripada yang kita ketahui tentang efeknya pada manusia. Para peneliti melakukan percobaan pada tikus (di bawah pedoman etika yang ketat) untuk memahami, di antara banyak hal, bagaimana ritme sirkadian makhluk hidup bekerja, dan gen serta protein yang mungkin terlibat.

Salah satu cara untuk mempelajari ini adalah dengan menginduksi jet lag pada tikus. Tikus-tikus ini mendapatkan gejala yang sama seperti kita ketika menghadapi jet lag.