Penemuan Selokan Tempat Puluhan Orang Yahudi Bersembunyi dari Nazi

By Utomo Priyambodo, Rabu, 3 November 2021 | 12:00 WIB
Ilustrasi lubang selokan. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Banyak orang Yahudi yang melarikan diri dari Nazi dengan bersembunyi di dalam selokan kota Lviv. Hal ini telah menjadi kisah yang diketahui oleh warga lokal dan internasional setelah Perang Dunia II.

Namun lokasi persembunyian bawah tanah itu tetap tidak diketahui sampai baru-baru ini. Sekelompok arkeolog yang terinspirasi oleh film Polandia 2011 tentang kisah peresembuyian itu, baru-baru ini menemukan ruang rahasia di sistem selokan tersebut. Di saluran pembuangan air bawah tanah itulah setidaknya 20 orang Yahudi pernah hidup—dan banyak lainnya meninggal—dalam kondisi yang mengerikan.

Penemuan tempat persembunyian ini terjadi berkat upaya penelusuran sistem saluran pembuangan air oleh para peneliti dari University of Lviv. Mereka menggunakan informasi kesaksian dari orang-orang Yahudi yang selamat berkat bersembunyi di tempat tersebut.

Para peneliti yang mencari tempat persembunyian di selokan Lviv tersebut ingin mempelajari bagaimana setidaknya 20 orang berhasil hidup selama berbulan-bulan di lingkungan yang dipenuhi penyakit dan lembap itu. Selain itu, mereka juga ingin mendokumentasikan keseluruhan cerita persembunyian demi bertahan hidup itu.