Area Taman Nasional Komodo Kebakaran Lagi, Akankah Terus Berlanjut?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 5 November 2021 | 09:00 WIB
Warga sekitar Pulau Rinca bersama Jagawana Balai Taman Nasional Komodo dan warga setempat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. (Labuan Bajo Info via Twitter)

Nationalgeographic.co.id—Selasa (02/11/2021) kemarin pukul 15.25 WITA, Pulau Rinca di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dilaporkan mengalami kebakaran. Kebakaran itu membutuhkan waktu lebih dari enam jam untuk pemadaman oleh Jagawana Balai Taman Nasional Komodo dan warga setempat.

Dalam rilis Balai Taman Nasonal Komodo (BTNK), kebakaran itu terjadi di Loh Serai SPTN Wilayah I BTNK yang bukan bagian dari kawasan wisata. Meski demikian, dalam zonasi Taman Nasional Komodo terbaru, setidaknya ada sembilan pembagian zonasi, dan Loh Serai termasuk kawasan inti.

Pemadaman dilakukan dalam dua kelompok yang salah satunya bertugas di bagian utara Loh Serai hingga 00:15 WITA. Sedangkan kelompok lainnya, baru bisa memadamkan sekitar 05:30 WITA di bagian selatan hingga timur Loh Serai dengan alat seadanya.