Hal-hal Aneh yang Dilakukan Manusia Setiap Hari dan Fungsinya

By , Minggu, 19 Juni 2016 | 11:00 WIB

Pernah Anda heran darimana air mata anda berasal? Mengapa kita bisa cegukan? Bagaimana kita bisa mengantuk? Berikut adalah 15 hal yang sering kita lakukan sepanjang waktu, dan mengapa kita melakukannya.

Menangis

Bagaimana rasa sedih menyebabkan air tumpah dari mata kita! Di antara semua hewan, hanya kita yang bisa mengeluarkan air mata haru. Mereka tidak hanya menunjukkan perasaan tertekan. Ilmuwan percaya air mata juga membawa keluar hormon dan protein yang tidak dari tubuh. Jadi air mata juga bagus untuk kesehatan.

Cegukan

Cegukan adalah kejang pada diafragma membran otot di dada yang mempunyai peran penting dalam pernafasan. Cegukan terjadi ketika terlalu banyak atau terlalu sedikit makanan di perut.

Tidur

Kita menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup kita untuk tidur. Tidak ada manusia yang bisa bertahan beberapa hari tanpa tidur. Tidur dipercaya untuk memelihara tubuh yang selalu bekerja. Tidur bisa memproduksi bahan kimia yang digunakan selama bangun untuk mengorganisasi neuron di otak. Tidur terjadi lebih lama setiap malam ketika terjadi aktivitas neuron tinggi saat terjaga.

Beberapa teori menunjukkan tidur sangat penting untuk memori. Tidur dapat membantu menanamkan ingatan episodik ke dalam penyimpanan jangka panjang.

Mati

Secara teknis, mati bukanlah kegiatan sehari-hari. Tetapi tetap saja ada orang mati tiap harinya. Mengapa?

Kita mati karena sel-sel kita mati. Meskipun mereka mengganti sendiri selama 70 puluh tahun, mereka tidak dapat melakukannya selamanya. Di dalam setiap sel, kromosom kita mengandung informasi genetik kapan pembelahan sel akan berakhir. Untungnya, para ilmuwan bekerja untuk memperpanjang kehidupan manusia, dan berpikir bahwa suatu hari nanti mereka memperpanjang umur dua kali lipat.

Pipi Memerah (Blush)

Ternyata, reaksi pipi memerah adalah respon manusia yang menarik perhatian sosial. Semua orang pernah melakukannya. Pemicu memerahnya pipi adalah ketika bertemu dengan seseorang yang penting, menerima pujian, dan mengalami emosi yang kuat.