Delapan Planet Ekstrasurya Paling Mirip Bumi

By , Sabtu, 27 Agustus 2016 | 17:00 WIB

Selama bertahun-tahun, para astronom telah menjelajahi antariksa untuk menemukan planet mirip Bumi di sistem bintang asing, dengan harapan akan menemukan planet yang dapat menyokong kehidupan.

Penjelajahan ini menghasilkan penemuan ribuan planet asing, dengan sebagian di antaranya ada yang seukuran planet dan memiliki beberapa kemiripan. Berikut 8 planet asing yang paling mirip dengan Bumi.

(Baca juga: Alien Lebih Dekat dari yang Kita Duga?)

Kepler-186f

Planet seukuran Bumi ini berada sekitar 500 tahun cahaya dari bumi, tepatnya pada konstelasi Cygnus.

Kepler-186F berada dalam zona Goldilocks (zona planet yang bisa dihuni karena berada cukup dekat dengan matahari tempat ia mengorbit).

(Baca juga: Kepler-186F, Kembaran Bumi yang Mungkin Bisa Dihuni)

Bintang yang diorbit oleh Kepler-186F massanya hanya separuh matahari. Jadi energi yang dipancarkannya hanya sepertiga dari matahari kita. Kepler-186F sendiri mengorbit bintang ini dalam jangka waktu 130 hari.

Planet TRAPPIST-1

Ilustrasi penampakan bintang TRAPPIST-1 dan dua planet lainnya dari salah satu permukaan planet di sistem TRAPPIST-1. (ESO/M. Kornmesser)

Bintang ultra dingin yang disebut TRAPPIST-1 menjadi rumah bagi setidaknya tiga planet mirip Bumi. Planet-planet yang ukuran dan suhunya mirip Venus dan Bumi ini terletak sekitar 40 tahun cahaya.

(Baca juga: Planet Seukuran Bumi di Bintang Ultra Dingin)

Ketiga planet tersebut mengorbit bintang induk mereka setiap 1,5 hari Bumi, 2,4 hari Bumi, dan 4 hingga 73 hari Bumi.

Kepler-438 b