Kisah Pilu Medusa, Wanita Cantik Dikutuk Menjadi Berambut Ular

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 2 Januari 2022 | 15:00 WIB
Kepala Medusa (Peter Paul Rubens/Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Jika mendengar Medusa apa yang Anda pikirkan? Monster berwujud wanita berkepala ular yang sering muncul dijadikan dalam karakter film? Asal-usul Medusa memang menjadi kisah yang menarik. Dalam mitologi Yunani kuno, Medusa adalah yang paling terkenal dari tiga saudara perempuan yang dikenal sebagai Gorgon.

Catatan paling awal yang diketahui tentang kisah Medusa dan Gorgon dapat ditemukan di Theogony karya Hesiod. Menurut penulis kuno ini, tiga saudara perempuan, Sthenno, Euryale, dan Medusa, adalah anak-anak Phorcys dan Keto, dewa laut purba. Dari ketiganya, hanya Medusa yang makhluk fana. Kedua saudaranya adalah makhluk abadi. Meski demikian, Medusa paling terkenal dan mitos kematiannya di tangan Perseus sering diceritakan.

Mengapa Medusa Dikutuk?

Detail representasi modern Medusa. (Riordan Wiki)

Teori lain dalam Metamorphoses karya Ovid memberikan penjelasan tentang asal-usul Medusa dan kematian Medusa di tangan Perseus. Dalam karya ini, Ovid menggambarkan Medusa sebagai seorang gadis cantik. Kecantikannya menarik perhatian Poseidon, sang dewa laut. 

Baca Juga: Misteri Tangan Hercules: Di Mana Bagian Lain dari Patung Raksasa Itu?

Menginginkannya, Poseidon mengajak Medusa ke kuil Athena kemudian memperkosanya di sana. Athena mengetahui ulah tak senonoh sang dewa laut, ia pun menyerang Medusa di kuilnya atas dasar membalas dendam dengan mengubah rambut Medusa menjadi ular, sehingga siapa pun yang menatapnya secara langsung akan berubah menjadi batu.

Legenda Medusa dan Perseus

Pegasus muncul dari tubuh Medusa. 'Seri Perseus: Kematian Medusa I'. (Edward Burne-Jones/Domain public)

Kisah Medusa lain yang paling terkenal datang dari perjalanan Perseus. Anak dari Zeus dan Danae, putri Acrisius, raja Argos tersebut mendapatkan misi untuk mendapatkan kepala monster ular tersebut.

Mendatangi kediaman Gorgon bersaudara, Perseus mengendap-endap dan menyerang Medusa selagi dia tertidur. Perseus merefleksikan pandangan Medusa lewat perisai yang diberikan Athena dan berhasil memenggal medusa. Perseus kemudian membawa pulang kepala Medusa tersebut.

Setelah dipenggal, kuda bersayap Pegasus muncul dari leher Medusa. Dalam Theogony, Hesiod juga menyebutkan bahwa raksasa emas Chrysaor, yang lahir dengan pedang emas di tangannya, muncul dari leher Medusa yang terpenggal.