Perairan Chuuk Jadi Makam Ratusan Puing Pertempuran Asia Pasifik

By Galih Pranata, Sabtu, 12 Februari 2022 | 10:00 WIB
Sebuah bangkai tank yang karam di Laguna Truk, sekitar 50 meter di dasar laut. (gh0std0t/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Perairan yang biru nan jernih, sebuah laguna di perairan Pasifik, Chuuk, sebuah negara yang kecil dan terpencil.

Meski memiliki keindahan panorama yang eksotik, menurut laporan World Tourism Organisation di bawah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), Chuuk adalah negara yang paling jarang dikunjungi di dunia.

Di bawah perairan biru jernih Chuuk Atoll di Pasifik Selatan, tujuh derajat utara khatulistiwa, dekat Nugini, terletak bangkai kapal perang Jepang, lebih dari tiga puluh kapal dagang, dan ratusan pesawat.

"Armada perang pernah ditempatkan di kawasan laguna Pasifik, sekarang dikenal sebagai Chuuk, yang merupakan pangkalan utama Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Pasifik Selatan, selama Perang Dunia Kedua," tulis Patowary.

Kaushik Patowary menulis kepada Amusing Planet, dalam artikelnya yang berjudul "Warship Graveyard of Chuuk Lagoon". Tulisannya dipublikasi pada 3 September 2016.

Baca Juga: Bangkai-Bangkai Kapal Kepulauan Seribu, Dunia Lain yang Masyhur

Sisa-sisa korban perang di kedalaman laguna Chuuk. (Catherine Marshall/Flickr)

Armada perang tersebut meliputi kapal perang, kapal induk, kapal penjelajah, kapal perusak, kapal tanker, kapal kargo, kapal tunda, kapal penyapu ranjau, kapal pendarat, dan kapal selam. Chuuk dan lagunanya setara dengan Pearl Harbour milik Amerika Serikat.

Atol (pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) ini terletak dalam jangkauan Kepulauan Marshall dan merupakan sumber dukungan yang signifikan bagi garnisun Jepang yang terletak di pulau-pulau dan atol di seluruh Pasifik tengah dan selatan.

"Pulau-pulau ini memiliki fasilitas seperti landasan udara, bengkel kapal selam, pusat komunikasi, dan stasiun radar," imbuh Patowary. Meriam pertahanan pantai dan penempatan mortir melindungi fasilitas ini.

Baca Juga: Taman Sejarah Bawah Laut Gallipoli, Makam Kapal Perang HMS Majestic

Dengan ribuan tentara dan persenjataan berat di antara pulau-pulau, Truk (nama sebuah atol di Chuuk) telah menjadi 'Gibraltar Pasifik' dan ancaman signifikan bagi operasi Sekutu di Pasifik.