Sedikit Bukti, Kita Tidak Pernah Tahu Bentuk Persis Megalodon

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Sabtu, 19 Februari 2022 | 08:00 WIB
Walau sama-sama ordo Lamniformes, Megalodon dan hiu putih besar kemungkinan memiliki bentuk yang berbeda. (Newsweek)

Nationalgeographic.co.id - Megalodon (Otodus megalodon) secara harfiah berarti gigi besar yang dinamai karena peninggalan fosilnya. Giginya yang berukuran besar itu menyerupai milik hiu putih (Carcharodon carcharias), sehingga dianggap versi purba dari apa yang kita kenal sekarang.

Banyak laporan tentang hiu yang memangsa manusia. Sebelumnya, para ilmuwan berteori bahwa alasan hiu putih memangsa manusia karena memiliki pengelihatan visual yang buruk. Akhirnya hewan ini dianggap buas dan menyeramkan, bahkan dimuat dalam karya sastra hingga film seperti Jaws (1975).

Sementara, Megalodon digambarkan sebagai hiu dengan ukuran yang sangat besar oleh pegiat ilustrasi. Gambaran ini bahkan dimunculkan dalam karya sastra hingga film pula seperti The Meg (2018). Para ilmuwan sebelumnya memperkirakan panjangnya 15-20 meter.

Baca Juga: Selidik Mosasaurus, Monster Laut yang Berenang dengan Gaya Dada

Meski demikian, sebuah studi terbaru di jurnal Historical Biology terbit Minggu (06/02/2022), menyatakan bahwa keseluruhan bentuk tubuh Megalodon masihlah spekulasi. Para peneliti menulis di makalah berjudul "Body forms of extant lamniform sharks (Elasmobranchii: Lamniformes), and comments on the morphology of the extinct megatooth shark, Otodus megalodon, and the evolution of lamniform thermophysiology".

Penulis utama makalah Phillip Sternes juga mengatakan, "Studi baru ini menunjukkan bahwa saat ini tidak ada cara ilmiah untuk mendukung atau menyangkal keakuratan bentuk tubuh O. megalodon yang diterbitkan sebelumnya."

"Semua bentuk tubuh Otodus megalodon yang diusulkan sebelumnya harus dianggap sebagai spekulasi dari sudut pandang ilmiah," tambahnya. Dia sebelumnya adalah pascasarjana lulusan DePaul University di Chicago dan saat ini menjadi kadidat Ph.D. di University of California.

Baca Juga: Paus Raksasa Kemungkinan Menjadi Makanan Megalodon 15 Juta Tahun Lalu

Sternes dan tim mencoba mengungkap realitas tentang pemahaman saat ini terkait bentuk tubuh Megalodon. Soalnya, selama ini hewan laut besar itu hanya diketahui dari catatan fosil gigi dan tulang belakangnya untuk digambarkan sebagai bentuk awal hiu putih besar.

C. carcharias atau hiu putih besar punya famili hiu Lamnidae seperti hiu mako, porbeagle, dan salmon, yang bersifat sebagian berdarah panas (endotermik regional), sehingga memungkinkannya sebagai predator aktif. Sementara O. megalodon tidak termasuk famili ini, walau sebelumnya diduga juga mengalami proses menjadi endotermik regional.

Dari sinilah para peneliti menyimpulkan, temuan sebelumnya yang lain menggunakan analisis bentuk geometris dua dimensi pada bentuk tubuh Lamnidae modern untuk mengusulkan dugaan bentuk tubuh megalodon.

"Fakta bahwa kita masih belum tahu persis bagaimana rupa O. megalodon membuat imajinasi kita terus berjalan,” kata Shimada. "Inilah tepatnya mengapa ilmu paleontologi terus menjadi bidang akademik yang menarik. Kami akan terus mencari lebih banyak petunjuk dalam catatan fosil."