Pertama Kalinya, Ada Hewan Terlihat Berperan sebagai Dokter dan Pasien

By Utomo Priyambodo, Kamis, 10 Februari 2022 | 12:00 WIB
Seekor simpanse menggunakan serangga untuk mengobati luka di lekukan lengannya. (Tobias Deschner/ Ozouga chimpanzee project)

Nationalgeographic.co.id—Alessandra Mascaro, seorang sukarelawan dan ahli biologi evolusi pemula untuk The Loango Chimpanzee Project, melihat kejadian yang belum pernah dilaporkan oleh para ahli primata lain di Afrika. Kejadian itu ia lihat pada 2019.

Di hutan Gabon, saat mengikuti dan merekam simpanse betina Suzee dan putranya Sia, Mascaro memperhatikan Suzee menjepit sesuatu yang kecil di antara bibirnya. Suzee lalu mengoleskan benda tak kasat mata itu ke luka di kaki Sia.

Melihat kembali rekamannya, Mascaro menyadari Suzee telah mengambil obat topikal itu langsung dari bagian bawah sebuah daun. Obat itu tampak seperti serangga kecil berwarna gelap.

"Membahas pengamatan ini dan kemungkinan fungsi perilaku dengan anggota tim, kami menyadari bahwa kami belum pernah melihat perilaku seperti itu dan juga belum pernah didokumentasikan sebelumnya," kata Mascaro seperti dilasir Science Alert.

Baca Juga: Pertama Kalinya dalam Sejarah, Simpanse Liar Terinfeksi Kusta

Setelah mengetahui praktik pengobatan tersebut, Mascaro dan rekan-rekannya mulai memperhatikannya secara teratur.

Seminggu setelah penampakan Mascaro, Lara Southern, seorang mahasiswa PhD di tim peneliti tersebut, menyaksikan simpanse jantan dewasa menarik sehelai daun ke mulutnya, mengambil serangga dengan bibirnya, dan meraih makhluk itu dengan ibu jari dan telunjuknya. Simpanse itu kemudian mengoleskan apa yang telah diambilnya dari semak-semak itu ke sebuah luka lama di lekukan lengannya.

Foto ini menunjukkan simpanse betina, Roxy, mengoleskan serangga pada luka di wajah simpanse jantan dewasa bernama Thea. (Tobias Deschner/ Ozouga chimpanzee project)

Selama 15 bulan berikutnya, para peneliti untuk proyek simpanse itu dengan hati-hati mendokumentasikan 20 peristiwa serupa lainnya di pantai barat Afrika. Sebagian besar waktu, para simpanse di Gabon mengoleskan serangga tak dikenal ke luka mereka sendiri, tetapi ada beberapa kesempatan di mana mereka juga saling membantu.

"Seorang pejantan dewasa, Littlegrey, memiliki sebuah luka terbuka yang dalam di tulang keringnya dan Carol, seorang betina dewasa, yang telah merawatnya, tiba-tiba mengulurkan tangan untuk menangkap seekor serangga," kenang Southern.

"Yang paling mengejutkan saya adalah dia menyerahkannya kepada Littlegrey, dia mengoleskannya ke lukanya dan kemudian Carol dan dua simpanse dewasa lainnya juga menyentuh luka itu dan memindahkan serangga itu di atasnya. Ketiga simpanse yang tidak berhubungan itu tampaknya melakukan perilaku ini semata-mata untuk keuntungan anggota kelompok mereka."

Baca Juga: Pertama Kalinya, Simpanse Liar Terekam Sedang Masturbasi Pakai Botol