Pesan-pesan dari Budaya Kuno Tashtyk nan Misterius di Rusia Timur Jauh

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 25 Februari 2022 | 13:00 WIB
Topeng pemakaman Tashtyk. Kebiasaan kamar mayat orang Tashtyk telah diketahui. Sekarang para arkeolog telah menemukan sinyal langka dari kehidupan mereka. (STJUHA)

Nationalgeographic.co.id—Di tepi kanan sungai Askiz, sebuah situs arkeologi unik dari awal milenium pertama telah ditemukan. Ini terkait dengan budaya Tashtyk yang penuh teka-teki di Siberia kuno dan untuk itu, ini tidak hanya menjelaskan bagaimana mereka mati, tetapi juga siapa mereka.

Pemakaman unik Tashtyk telah dijelaskan dalam banyak artikel dan penelitian, tetapi kita hanya tahu sedikit tentang bagaimana mereka hidup sebelum Evil day. Sekarang di situs baru yang dijuluki Kazanovka 14, para arkeolog telah memperoleh wawasan langka tentang budaya mereka, adaptasi mereka terhadap lingkungan, dan hubungan mereka di "oasis" di Siberia selatan ini.

Askiz adalah anak sungai dari Sungai Abakan. Itu melewati Cekungan Minusinsk yang nyaman di selatan Siberia republik Khakassia, di mana situs yang sebelumnya tidak diketahui ditemukan selama penelitian lapangan tahun 2021.

Cekungan Minusinsk adalah wilayah yang dibatasi oleh pegunungan dan hutan, dengan danau yang melimpah, tanah yang subur dan iklim yang paling sejuk di Siberia. Orang mungkin menyebutnya oasis padang rumput. Angin musim dingin meniup salju dari pegunungan, menjadikan daerah ini tempat yang sempurna untuk memelihara domba, yang dapat berkeliaran dengan bebas. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika cekungan Minusinsk menarik suku-suku semi-nomaden dan kawanan mereka sepanjang sejarah. Para arkeolog selama bertahun-tahun telah menemukan situs sejumlah budaya dari milenium ketiga SM dan seterusnya.

Saat melakukan pekerjaan konstruksi di sepanjang jalur kereta api Mezhdurechensk–Tayshet dari 2019 hingga 2021, berbagai situs dari Zaman Perunggu hingga Abad Pertengahan kemudian ditemukan. Ini termasuk penguburan banyak budaya dan pemukiman. Salah satu situs, yang disebut "Kazanovka 14," digali pada tahun 2021.

Penggalian penyelamatan Kazanovka 14 dilakukan oleh Anton Vybornov dari  Institute of Archaeology and Ethnography SB RAS Novosibirsk, Rusia, di bawah kepemimpinan Timoshenko Alexey. Di sinilah para cendekiawan menemukan bukti baru tentang bagaimana Tashtyk menjalani hidup mereka, setelah menemukan sisa-sisa struktur kayu yang terbakar, dan petroglif yang luar biasa – lempengan batu pasir yang diukir.

Penemuan mereka dilaporkan dalam jurnal Problems of Archaeology, Ethnography, Anthropology of Siberia and Neighboring Territories.

Seperti yang dikatakan Anton Vybornov, Kazanovka 14 adalah kamp musiman Tashtyk, seperti yang ditunjukkan oleh penemuan-penemuan khas yang diketahui dari sebagian besar tempat pemakaman di mana "budaya" ini terkenal.

Budaya Tashtyk adalah umum di cekungan Minusink Khakassian, di Siberia selatan, dari hampir 2.000 hingga sekitar 1.600 tahun yang lalu. Tetapi budaya tidak mudah untuk didefinisikan, kata Vybornov.

Baca Juga: Punya Masalah Sejak Lama, Kenapa Rusia Bergerak ke Ukraina Sekarang?

Baca Juga: Migrasi Manusia Purba Siberia, Menunjukkan Penduduk Asli Amerika

Baca Juga: Dua Jasad Anak Singa Beku Ditemukan dalam Kondisi Utuh di Siberia