Valerianus, Kaisar Romawi yang Mati dalam Hina oleh Raja Persia

By Galih Pranata, Minggu, 27 Februari 2022 | 10:00 WIB
Terlihat di tengah (bawah) Valerianus menjadi alas pijakan Raja Shapur dalam lukisan karya Hans Holbein. (Hans Holbein / Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Ketika Valerian menjadi kaisar Romawi pada tahun 253 M, Roma berada di tengah Krisis Abad Ketiga. Selama 50 tahun, terdapat 50 kaisar yang telah bertahta di Romawi.

Banyak kaisar yang hanya bertahan beberapa bulan, mereka dibunuh oleh saingan atau bahkan pasukan mereka sendiri.

"Tujuh tahun pemerintahan Valerian, mungkin karirnya tampak sukses dan baik-baik saja –sampai ia ditangkap oleh musuh terbesar Roma, Persia," tulis Charlton kepada Ranker.

Genevieve Charlton menulis dalam artikelnya yang berjudul "The Roman Emperor Who Might Have Died By Having Molten Gold Poured Down His Throat", dipublikasikan pada 21 Desember 2021.

Persia kala itu telah melakukan invasi secara radikal ke beberapa wilayah di Roma, untuk menyaingi pemerintahan Romawi yang saat itu tengah langgeng berkuasa. Raja Shapur I dari Persia, dihadapkan dengan Valerianus, kaisar yang kala itu memerintah Romawi.

"Ketika Roma berusaha untuk memperluas di Timur Tengah, Shapur mendorong mereka kembali, pertama membunuh kaisar Romawi Gordian III di Pertempuran Misiche dan kemudian mengalahkan penggantinya untuk merebut kota Antiokhia," imbuhnya.

Baca Juga: Hashshashin, Pembunuh Terampil Sekte Muslim Rahasia Persia dan Suriah

Namun sejatinya, kemenangan terbesar Shapur I datang pada tahun 260 M, ketika dia menangkap kaisar Valerian di Pertempuran Edessa.

Lactantius, seorang sejarawan kuno, menggambarkan tentang penghinaan yang dilakukan oleh Raja Persia setelah berhasil mengalahkan Romawi yang diperintah Valerian. Menurutnya, setelah penangkapannya oleh Shapur I, Valerian menghabiskan sisa hari-harinya dalam kondisi perbudakan yang paling menghinakan.

Dalam catatan Lactantius, ia menuliskan bahwa Raja Shapur I bahkan memperlakukan dengan mempermalukan Valerian. Shapur I menjadikan Valerian sebagai tumpuan kakinya saat hendak menunggangi kudanya. Penghinaan terbesar yang pernah diderita raja-raja Romawi.

"Raja Persia, yang telah menjadikannya tawanan, kapan pun dia memilih untuk naik kereta atau menunggang kuda, ia memerintahkan orang Romawi dan Valerianus untuk membungkuk dan menaikkan kaki ke punggungnya sebagai pijakan," sebut Charlton mengutip Lactatianus.

Bangsa Romawi tidak akan pernah mengukir patung penghinaan Valerian, tetapi sebaliknya, bagi Persia, Valerian adalah subjek populer dalam setiap seni Persia dan Eropa selama berabad-abad setelah kematiannya.