Frumentarii, Pengumpul Gandum yang Diangkat Jadi Agen Rahasia Romawi

By Sysilia Tanhati, Rabu, 27 April 2022 | 11:00 WIB
Sebagai polisi rahasia, frumentarii bukan berarti bebas dari kesalahan. Mereka tidak disukai sebagian besar orang Romawi. (Apollodorus of Damascus/Trajan's Column)

Nationalgeographic.co.id—Hadrian adalah salah satu dari ‘lima kaisar baik’ di Kekaisaran Romawi. Berlangsung selama 21 tahun (117-138 M), pemerintahannya ditandai dengan catatan positif tentang penyatuan kerajaan dan reformasi budaya. Hadrian juga diketahui telah memodifikasi penggunaan dinas rahasia Romawi, atau frumentarii.

Frumentarii adalah elit militer khusus di Kekaisaran Romawi yang bertugas sebagai polisi rahasia kaisar.

Awalnya, mereka adalah pengumpul gandum di Kekaisaran Romawi dan berurusan dengan pengumpulan pajak. “Tidak hanya itu, frumentarii juga bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengatur pengiriman biji-bijian ke ibukota,” ungkap A. Sutherland dilansir dari laman Ancient Pages.

Pembelian dan distribusi biji-bijian di antara personel militer Romawi adalah tugas awal frumentarii. Tugas ini yang menempatkan mereka dalam posisi yang selalu bepergian melintasi kekaisaran. Dalam menjalankan tugas itu, mereka beriteraksi dengan pejabat Romawi, pemimpin militer, dan warga sipil.

Kaisar Hadrian menyadari potensi pengumpulan intelijen dari kekuatan tersebut. Sehingga kemudian mengubah mereka menjadi pengawal Praetorian sendiri. Dikatakan 'dia ingin tahu hal-hal yang seharusnya tidak dia ketahui' dan frumentarii adalah petugas yang sempurna untuk tujuan itu.

Peran mereka jadi berkembang pada masa pemerintahan Hadrian. Tidak hanya menjadi pengumpul gandum, mereka juga bertanggung jawab atas stabilisasi internal. Ini termasuk penangkapan orang-orang yang dicurigai akan merusak ketenangan dan keamanan Romawi.

Frumentarii adalah unit khusus Kaisar Hadrian dari Praetorian untuk mengendalikan situasi politik di Romawi selama ketidakhadiran kaisar.

“Mereka melindungi kaisar dari kemungkinan konspirasi,” tambah Sutherland, “dan menyelidiki orang-orang penting dan kehidupan mereka.”

Hadrian ingin tahu banyak dan seperti yang pernah dia katakan, ‘dia ingin tahu hal-hal yang tidak boleh diketahui’. Jadi ini juga berlaku untuk kehidupan pribadi individu di sekitarnya.

Menurut Hadrian, pengetahuan—apapun jenisnya—adalah kekuatan.

Sangat sedikit informasi tentang unit khusus ini. Namun prasasti kuno di batu nisan mengonfirmasi bahwa frumentarii yang selalu bekerja dalam seragam, biasanya melekat pada legiun individu.

Mereka melakukan tugas khusus di tempat yang berbeda tetapi mereka ditempatkan di Castra Peregrina di Roma. Meski disebut sebagai polisi rahasia di zaman modern, mereka tidak menyembunyikan diri dan hidup terbuka berbaur dengan masyarakat. Seragam mereka dengan jelas menentukan afiliasi mereka.