Dokter Menyarankan Pasien untuk Menghabiskan Waktu di Alam Terbuka

By Sysilia Tanhati, Kamis, 5 Mei 2022 | 16:38 WIB
Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di ruang hijau dan rekreasi di alam terbuka dapat meningkatkan kesehatan mental. (Kelly Sikkema/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Pada awal April 2022, sekitar dua lusin anak dan keluarganya berkumpul di sebuah taman dekat Oakland, California. Mereka duduk bersama seorang dokter, Dr. Nooshin Razani, di bawah naungan pohon besar.

Keluarga-keluarga ini mengambil bagian dalam program yang dijalankan Razani di Rumah Sakit Anak Universitas California San Francisco Benioff Oakland.

Dalam program tersebut, Dr. Razani menangani pasien anak-anak yang menghadapi kondisi seperti kecemasan, autisme, obesitas, atau masalah perkembangan. Anak-anak tersebut tinggal di daerah yang tidak memiliki banyak taman atau ruang terbuka alami. Setiap bulan, mereka diajak sebuah ke taman lokal.

Program ini merupakan bagian dari tren yang berkembang dari apa yang disebut park prescriptions. Dokter memberi resep yang isinya agar pasien menghabiskan waktu di taman atau alam terbuka untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik pasien.

“Cukup jelas bahwa itu baik untuk Anda,” kata Dr. Razani. Penelitian menunjukkan tinggal di dekat ruang hijau dan rekreasi di alam terbuka dapat meningkatkan kesehatan mental. Selain itu juga mengurangi risiko kondisi kesehatan fisik tertentu, seperti penyakit jantung.

Para ilmuwan masih mencoba mencari tahu alasannya. Namun teori utamanya adalah menghabiskan waktu di alam dapat mengurangi stres, keadaan yang terkait dengan banyak masalah kesehatan.

Tentu saja, tidak ada dokter yang menyarankan pasien untuk menghabiskan satu hari di taman daripada meresepkan obat anti-kecemasan yang diperlukan, misalnya. Alam bukanlah obat untuk masalah kesehatan dan park prescriptions tidak dijadikan untuk pengganti obat-obatan. “Tetapi orang bisa memperoleh manfaat kesehatan yang nyata dari alam,” tambah Dr. Razani.

Sejarah penggunaan park prescriptions

Park prescriptions hadir dalam berbagai bentuk. Namun yang pasti semua jenis program ini mendorong pasien untuk menghabiskan waktu di alam. Dalam ‘Walk with a Doc’, dimulai oleh seorang ahli jantung pada tahun 2005, penyedia layanan kesehatan memimpin jalan-jalan di komunitas mereka. Program ini telah berkembang ke lebih dari 500 tempat di seluruh dunia.

ParkRx memberikan panduan, perangkat, dan studi kasus bagi praktisi kesehatan untuk membantu membujuk pasien. Situs web PaRx memberikan banyak bukti untuk efek kesehatan dari alam. “PaRx juga menciptakan resep alam virtual yang dapat dimasukkan dokter ke dalam catatan kesehatan elektronik pasien,” ungkap Jillian Mock dilansir dari laman Time.

Bagaimana alam meningkatkan kesehatan

Setiap orang dapat memperoleh manfaat kesehatan dari hubungan yang lebih dekat dengan alam. Tetapi sayangnya tidak semua orang memiliki akses yang sama ke alam terbuka.