Tingginya Cuma 1 Meter, Inilah Leluhur T-Rex Sebelum Berevolusi

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 4 Juni 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi seniman atas Suskityrannus hazelae. (Andrey Atuchin/Virginia Tech via AP)

Nationalgeographic.co.id - Tyrannosaurus rex atau sering disebut T-Rex direpresentasikan sebagai dinosaurus raksasa, yang ganas dan buas. Namun tahukah Anda, ternyata leluhur T-Rex hanya memiliki tinggi 1 meter dan jauh dari kesan T-Rex dalam film sains fiksi selama ini.

Dalam sebuah ekspedisi penggalian, para peneliti dan ahli paleontologi dari Virginia Tech telah menemukan fosil dinosaurus baru yang diidentifikasi merupakan leluhur T-Rex. Leluhur T-Rex itu diberi nama Suskityrannus hazelae.

Temuan tersebut telah diterbitkan dalam Nature Ecology & Evolution dengan judul "A mid-Cretaceous tyrannosauroid and the origin of North American end-Cretaceous dinosaur assemblages" dan dapat diakses secara daring.

Sterling Nesbitt, asisten profesor dengan Departemen Geosains di Virginia Tech College of Science mengatakan, nama Suskityrannus hazelae berasal dari "Suski" kata suku asli Amerika Zuni untuk "coyote" dan dari kata Latin "tyrannus" yang berarti raja dan "hazelae" untuk Hazel Wolfe. Berkat dukungan Hazel Wolfe, maka memungkinkan banyak ekspedisi fosil yang berhasil di Amerika.

Sementara itu, Nesbitt mengatakan, izin dari Dewan Suku Zuni juga diberikan untuk menggunakan kata "Suski" yang merupakan bahasa asli. Pemberian nama tersebut, mengingat T-Rex mungil yang punya paruh bebek ini spesimen fosilnya pertama kali ditemukan di Zuni Basin, New Mexico pada 1997 dan 1998.

Nesbitt menemukan fosil tersebut pada usia 16 tahun. Ketika itu ia masih seorang siswa sekolah menengah yang berpartisipasi dalam ekspedisi penggalian di New Mexico pada tahun 1998 yang dipimpin oleh peneliti bernama Doug Wolfe.

Bandingkan dengan T-Rex yang memiliki tinggi 4 meter dengan panjang lebih dari 12 meter. (Roger Harris/SPL)

Lebih dari satu dekade sejak ditemukan, ia tidak tahu bahwa itu adalah salah satu keluarga dalam tyrannosauroid, merupakan leluhur t-rex. Secara keseluruhan, Suskityrannus hazelae diyakini memiliki berat antara 45 hingga 90 pound atau sekitar 18-35 kg. Sementara, berat T-rex dewasa adalah sekitar 9 ton.

Suskityrannus hazelae memiliki tinggi hanya sekitar 91 cm dan panjang 2,7 meter dari ujung kepala hingga ujung ekor. Jadi, jika dibandingkan dengan bobot T-Rex yang memiliki bobot 9 ton, memiliki tinggi 4 meter dengan panjang lebih dari 12 meter, tentu Suskityrannus berukuran sangat kecil.

 Baca Juga: Kontroversi Ilmiah, Benarkah Ada Spesies Tyrannosaurus selain T. Rex?

 Baca Juga: Mosasaurus si Penguasa Lautan Saat T. Rex Berkeliaran di Darat

 Baca Juga: Apakah Dinosaurus Juga Sering Jatuh Sakit dan Terluka Seperti Manusia?