Bangsa Romawi Percaya Cermin Pecah Bisa Membawa Petaka, Apa Alasannya?

By Sysilia Tanhati, Senin, 13 Juni 2022 | 08:00 WIB
Orang Romawi percaya bahwa dewa mengamati jiwa melalui cermin. (Fares Hamouche/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Setiap budaya memiliki takhayul masing-masing. Di beberapa masyarakat Asia, orang percaya bahwa menyapu lantai setelah matahari terbenam membawa nasib buruk. Atau menancapkan sumpit di semangkuk nasi dapat membawa petaka.

Di Amerika Serikat, sebagian orang panik jika tidak sengaja berjalan di bawah tangga. Bila seekor kucing hitam melintas, itu pun dipercaya bisa membawa kesialan. Angka 13 pun selalu dikaitkan dengan nasib buruk.

Meski sebagian besar asal-usul takhayul tidak diketahui, ada beberapa yang tercatat dalam sejarah. Salah satunya adalah kepercayaan memecahkan cermin membawa kesialan selama tujuh tahun. Hal ini sudah ada sejak 2000-2700 tahun yang lalu, sejak zaman Yunani dan Romawi kuno.

Di kebudayaan Romawi, citra yang dipantulkan dianggap memiliki kekuatan misterius. “Kemungkinan dari sinilah takhayul tentang cermin pecah mulai populer,” ungkap Barry Markovsky dilansir dari laman The Conversation.

Markovsky berpendapat bahwa takhayul tentang cermin pecah mungkin berakar pada kepercayaan kuno ini.

Asal-usul takhayul cermin pecah dan kesialan

Orang Yunani percaya bahwa bayangan seseorang di permukaan genangan air mengungkapkan jiwanya. Para perajin Romawi membuat cermin dari permukaan logam yang dipoles. Mereka percaya bahwa dewa mengamati jiwa melalui cermin tersebut.

Merusak cermin dianggap sebagai perbuatan tidak sopan, baik sengaja atau tidak. “Jika terjadi, maka dewa akan mengirimkan kutukan ke orang yang ceroboh itu,” tambah Markovsky.

Sekitar abad ketiga cermin dibuat dari kaca dan lebih mudah pecah. Tetapi orang Romawi tidak percaya bahwa nasib buruk akibat memecahkan cermin akan berlangsung selamanya. Mereka percaya bahwa tubuh memperbaharui dirinya sendiri setiap tujuh tahun.

Keyakinan bahwa keberuntungan pada akhirnya akan kembali tentu saja menghibur, dan orang-orang selalu cenderung mempercayai hal-hal yang membuat mereka merasa baik, bahkan ketika itu tidak benar.

Mengapa takhayul bisa dipercaya?

Pikiran manusia terus menerus dan tanpa sadar mencari pola yang berguna. Misalnya, kita bertahan hidup dengan mengenali pola makan. Jadi kita berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk makan.