Nyanyian Cinta Toadfish, Si Buruk Rupa Penghuni Lautan Dangkal

By Lutfi Fauziah, Senin, 7 Mei 2018 | 13:50 WIB
Masing-masing toadfish memiliki pola nyanyian yang berbeda-beda (Bob Mazur & Erica Staaterman)

Toadfish merupakan nama umum untuk beberapa spesies dari keluarga ikan berbeda. Sebutan ini muncul karena penampilan mereka menyerupai katak.

Meski rupanya tak begitu elok, makhluk laut ini memiliki suara yang merdu. Biasanya, mereka melantunkan nyanyian cinta untuk mencari pasangan.

Tak mudah menemukan toadfish, bahkan nyanyiannya mungkin menjadi satu-satunya pertanda bahwa satwa laut ini ada.

“Mereka bukan jenis ikan yang bisa Anda temukan berenang bebas,” kata Erica Staaterman, ahli bioakustik di Bureu of Ocean Energy Management Amerika Serikat. “Mereka biasanya bersembunyi di bawah bebatuan.”

Baca juga: Laba-laba Janda Cokelat, Hewan yang Rela Mati Setelah Selesai Kawin

Staaterman dan rekan-rekannya pernah melakukan studi tentang suara-suara bawah air di kawasan Amerika Tengah, namun toadfish mengacaukan usahanya.

“Ikan ini mengacaukan data kami yang lain, karena suaranya begitu dominan di beberapa ekosistem,” ujarnya.

Dihadapkan dengan serangan gencar nyanyian toadfish, Staaterman dan rekan-rekannya memutuskan untuk mempelajari suara mirip klakson kapal milik toadfish Bocon. Ini merupakan rekaman perdana Bocon, satu dari 70 spesies toadfish di seluruh dunia.

“Sejauh yang kami amati melalui perangkat lunak analisis, masing-masing toadfish tampaknya menciptakan nyanyian mereka secara berbeda-beda,” ujar Staaterman.

Masing-masing toadfish jantan menggetarkan gelembung renangnya untuk menciptakan nyanyiannya sendiri. Nyanyian itu terdiri dari dua nada dasar: degupan dan dengingan.

Baca juga: Burung Dodo: Kisah Tragis si Burung yang Tidak Bisa Terbang