Dunia Hewan: Inilah Hewan yang Paling Tahan Terhadap Perubahan Iklim

By Wawan Setiawan, Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Tikus Rumput Azara (Akodon azarae), salah satu hewan yang akan terpengaruh oleh perubahan iklim. (Leonardo Adrián LEIVA (CC BY-NC))

Nationalgeographic.co.id - Cuaca ekstrem seperti kekeringan berkepanjangan dan hujan deras menjadi semakin umum seiring dengan meningkatnya suhu rata-rata global. Itu hanya akan bertambah buruk dalam beberapa dekade mendatang. Lalu, bagaimana ekosistem planet ini akan merespons? Terlebih lagi apa dampaknya pada dunia hewan? Adakah yang mampu bertahan?

"Itulah banyak pertanyaan besar dan latar belakang penelitian kami," kata ahli biologi John Jackson, yang bersama dengan rekan ahli biologinya Christie Le Coeur dari University of Oslo dan Owen Jones dari University of Southern Denmark. Mereka menulis sebuah studi baru, yang diterbitkan di jurnal eLife dengan judul "Life history predicts global population responses to the weather in terrestrial mammals."

John Jackson sekarang berada di Universitas Oxford tetapi berada diUniversity of Southern Denmark saat penelitian dilakukan. Owen Jones adalah profesor di Departemen Biologi,University of Southern Denmark.

Dalam studi tersebut, penulis menganalisis data fluktuasi populasi dari 157 spesies mamalia dari seluruh dunia. Lalu mereka membandingkannya dengan data cuaca dan iklim sejak data hewan dikumpulkan. Untuk setiap spesies ada 10 tahun atau lebih data.

Analisis mereka telah memberi mereka wawasan tentang bagaimana populasi spesies hewan mengatasi cuaca ekstrem. Apakah mereka menjadi lebih banyak atau lebih sedikit? Apakah mereka memiliki lebih banyak atau lebih sedikit keturunan?

“Kita dapat melihat pola yang jelas: Hewan yang hidup lama dan memiliki sedikit keturunan kurang rentan saat cuaca ekstrem melanda daripada hewan yang hidup dalam waktu singkat dan memiliki banyak keturunan. Contohnya adalah llama, kelelawar berumur panjang, dan gajah versus tikus, posum, dan marsupial langka seperti woylie," kata Owen Jones.

Seekor gajah jantan di padang rumput Taman Nasional Amboseli. Menurut studi ini, gajah Afrika adalah salah satu hewan yang kurang terpengaruh oleh perubahan iklim. (Rixipix / Getty Images)

Beberapa hewan yang kurang terpengaruh oleh cuaca ekstrem adalah gajah Afrika, harimau Siberia, simpanse, kelelawar tapal kuda besar, llama, vicua, badak putih, beruang grizzly, bison Amerika, klipspringer, kelelawar Schreiber.

Sedangkan hewan yang lebih terpengaruh oleh cuaca ekstrem adalah tikus rumput Azara, tikus rumput zaitun, opossum tikus ekor gemuk yang elegan, lemming Kanada, tikus Tundra, rubah Arktika, cerpelai, celurut, woylie, tupai tanah Arktika.

Hewan besar yang berumur panjang lebih mampu mengatasi kondisi seperti kekeringan berkepanjangan; kemampuan mereka untuk bertahan hidup, bereproduksi, dan membesarkan anak mereka tidak terpengaruh pada tingkat yang sama seperti hewan kecil yang berumur pendek. Mereka dapat, misalnya, menginvestasikan energi mereka ke dalam satu keturunan. Atau hanya menunggu waktu yang lebih baik ketika kondisi menjadi menantang.

Di sisi lain, tikus kecil berumur pendek memiliki perubahan populasi yang lebih ekstrem dalam jangka pendek. Dalam kasus kekeringan yang berkepanjangan, misalnya, sebagian besar makanan mereka mungkin hilang lebih cepat: serangga, bunga, buah-buahan, dan mereka dibiarkan kelaparan karena cadangan lemak mereka terbatas.

Populasi mamalia kecil ini juga dapat berkembang pesat untuk mengambil keuntungan ketika kondisi membaik. Karena, berbeda dengan mamalia besar, mereka dapat menghasilkan banyak keturunan.