Venus Cloacina, Dewi Selokan dan Saluran Air yang Penting bagi Romawi

By Sysilia Tanhati, Rabu, 21 September 2022 | 16:00 WIB
Venus Cloacina merupakan dewi selokan dan saluran air Romawi. Dewi ini menjaga efisiensi fasilitas sanitasi, mencegah banjir besar di kota, dan menjaga saluran pembuangan Romawi. (CNG)

Nationalgeographic.co.id - Selama perjalanan panjang Kekaisaran (650 Sebelum Masehi–400 Masehi), orang Romawi menyembah banyak dewa. Mereka memiliki dewa yang memiliki kehebatan masing-masing. Salah satunya adalah Venus Cloacina, dewi selokan dan saluran air Romawi. Mengapa bangsa Romawi menyembah dewi ini?

Dewi Cloacina dalam mitologi Romawi kuno

Dalam mitologi Romawi, Cloacina adalah seorang dewi yang menjaga sistem saluran pembuangan di Romawi kuno dan menguras limbah kota.

Ia bertanggung jawab atas kelancaran sistem dan melindungi para pekerja yang mengurusi saluran pembuangan.

Mengapa saluran air dan pembuangan begitu penting? Di kota sebesar Roma, masalah saluran pembuangan dianggap sebagai masalah besar. Selokan bisa menjadi rumah yang nyaman bagi hama. Tikus, ular, dan laba-laba bisa bersarang di sana. Selain itu, limbah yang membusuk juga dapat menghasilkan metana.

Di Romawi kuno, Cloacina diidentifikasi dengan dewi Venus. Sebuah koin dicetak untuk menghormati Cloacina, demikian juga patung sang dewi.

Roma Kuno, dijuluki 'Kota Abadi', adalah kota besar. Hiburan, makanan, sangat penting. Namun, sistem pembuangan limbah yang berfungsi dengan baik juga memainkan peran penting.

Dalam mitologi Romawi, dewi Venus diasosiasikan dengan cinta, keinginan, seks, kesuburan, kemakmuran, dan kemenangan. Seperti dewa Romawi besar lainnya, Venus memiliki beberapa julukan yang mengacu pada aspek kultusnya yang berbeda.

Salah satu julukan ini adalah Venus Cloacina ("Venus the Purifier"). “Kombinasi Venus dengan Cloacina, dewi air yang kemungkinan berasal dari mitologi Etruscan,” tutur A. Sutherland di laman Ancient Pages. Bangsa Romawi mengadopsinya dan memasukkannya ke dalam daftar dewa-dewi yang tak terhitung jumlahnya.

Cloacina, menjaga saluran air, sanitasi, dan mencegah banjir

Cloacina ('cloaca') dalam bahasa Latin berarti 'saluran pembuangan' atau 'saluran'. Dewi ini menjaga efisiensi fasilitas sanitasi, mencegah banjir besar di kota, dan menjaga saluran pembuangan Romawi.

Dia mengeringkan Forum dan lingkungannya dan bertanggung jawab atas Cloaca Maxima Romawi yang terkenal (Selokan Besar). Cloaca Maxima merupakan saluran bawah tanah utama, salah satu monumen teknik Romawi tertua yang ada. Saluran ini membuang limbah dari kota.