Selidik Arkeologi, Kakao Bukan Makanan Ekslusif untuk Elite Maya Kuno

By Ricky Jenihansen, Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:06 WIB
Biji kakao, memberikan dasar untuk makanan Mesoamerika yang penting secara seremonial. (Justin Kerr)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian-penelitian arkeologi sebelumnya telah mengungkapkan pentingnya kakao bagi peradaban Maya kuno. Kakao dianggap sebagai makanan dari para dewa dan dikenal sebagai uang atau alat tukar yang tumbuh di pohon.

Latar belakang sejarah dan prasejarah kakao, khususnya bagi suku Maya, telah dijiwai dengan upacara dan kemewahan. Upaya sebelumnya untuk mengidentifikasi kakao dalam keramik berfokus pada bentuk wadah yang sangat dekoratif yang terkait dengan konteks seremonial elite.

Penelitian tersebut menciptakan asumsi tentang bagaimana kakao didistribusikan dan siapa yang dapat mengaksesnya.

Dalam penelitian baru, para ilmuwan di University of California, Santa Barbara, memeriksa 54 pecahan keramik arkeologi dari kompleks perumahan dan sipil di El Pilar, yang terletak antara Belize dan Guatemala, yang mewakili penampang penduduk Maya kuno.

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa kakao tersebar luas dan ditemukan di unit-unit sipil dan perumahan terlepas dari ukuran dan lokasi.

"Biji kakao, Theobroma cacao, memberikan dasar untuk makanan Mesoamerika yang penting secara seremonial," tulis peneliti.

Kakao tersebar luas dan ditemukan di unit-unit sipil (Unsplash)

"Upaya sebelumnya untuk mengidentifikasi kakao dalam keramik berfokus pada bentuk wadah yang sangat dekoratif yang terkait dengan konteks seremonial elite, menciptakan asumsi tentang bagaimana kakao didistribusikan dan siapa yang dapat mengaksesnya."

Laporan penelitian mereka telah diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. Jurnal akses terbuka tersebut dapat diakses secara daring dengan judul "New light on the use of Theobroma cacao by Late Classic Maya."

"Sudah lama diasumsikan bahwa kakao untuk Maya adalah (makanan) eksklusif bagi para elite," kata Anabel Ford, seorang antropolog dan direktur Meso American Research Center di University of California, Santa Barbara.

"Kami sekarang tahu ini bukan masalahnya. Menghirup kakao adalah kemewahan yang dapat diakses oleh semua orang. Yang penting adalah bahwa itu adalah persyaratan dari ritual yang terkait dengannya."

 Baca Juga: Unik, Suku Maya Anggap Biji Kakao Jadi Hadiah Dewa dan Mata Uang