Anubis, Dewa dengan Rupa Serigala yang Disembah di Mesir hingga Romawi

By Sysilia Tanhati, Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:02 WIB
Anubis bertanggung jawab untuk mengawal jiwa-jiwa yang baru meninggal dari Bumi ke alam baka. (Hunefer)

Nationalgeographic.co.id - Salah satu figur penting dalam mitologi Mesir kuno diwakili oleh Anubis, salah satu dewa abadi dalam kepercayaan Mesir kuno. Anubis bertanggung jawab untuk mengawal jiwa-jiwa yang baru meninggal dari Bumi ke alam baka. Di dunia bawah, dia adalah pelindung orang yang meninggal.

Salah satu peran Anubis adalah sebagai “Guardian of the Scales” atau penjaga timbangan. Dalam Kitab Orang Mati, Anubis berpartisipasi dalam upacara Penimbangan Hati. Dia melakukan pengukuran yang menentukan apakah orang itu layak memasuki Duat (alam orang mati).

Anubis, juga disebut sebagai Yinepu dan Anpu, berkaitan dengan penguburan dan kehidupan setelah raja, menurut Teks Piramida.

Kemudian, perannya diperluas untuk mencakup semua orang mati, termasuk masyarakat Mesir kuno. Akhirnya, kultus Anubis berasimilasi dengan Osiris, yang dikatakan sebagai ayahnya dan dewa dunia bawah. Dengan membungkus tubuh Osiris, Anubis menegaskan perannya dalam mumifikasi untuk pemujaan Osiris. “Dengan demikian, ia dikenal sebagai dewa pelindung pembalsam,” tulis A. Sutherland di laman Ancient Pages.

Selama Periode Yunani-Romawi (332 SM-395 Masehi), Anubis menjadi dewa kosmik yang menguasai langit dan bumi. Dalam budaya ini, Anubis memiliki pengetahuan rahasia kuno dan menjadi pembawa cahaya bagi manusia. (Jon Bodsworth)

Penyembahan Anubis adalah yang kuno dan mungkin bahkan lebih tua dari penyembahan Osiris.

Garis keturunan Anubis masih menjadi misteri

Dalam Teks Peti Mati, Anubis adalah putra dewi sapi Hesat, tetapi juga putra Bastet. Teks Peti Mati adalah, kumpulan mantra penguburan Mesir kuno yang ditulis di peti mati pada Periode Menengah Pertama (2181–2055 Sebelum Masehi).

Kisah lain menuturkan bahwa sang dewa abadi adalah putra Seth, dewa kekacauan, kekerasan, gurun, badai, dan orang asing dalam agama Mesir kuno. Atau Re dan Nephtys, dewi pelindung kematian; dia adalah putri Geb (dewa bumi) dan Nut.

Ada banyak cerita tentang orang tua Anubis karena ada beberapa julukan dan gelar yang diberikan kepadanya. Simbolnya terutama serigala, peralatan pembalsaman, cambuk, kulit lembu yang digantung di tiang, dan bendera. Pusat pemujaannya berada di kota Mesir Hairdai (nama Yunani untuk Cynopolis, "kota anjing").

 Baca Juga: Inilah Kisah Cinta Hades, Dewa Kematian yang Setia Pada Persephone

 Baca Juga: Shinigami, Dewa Kematian dalam Cerita Rakyat dan Budaya Pop Jepang