Kemiripan antara Kehidupan di Zaman Romawi dengan Zaman Modern

By Sysilia Tanhati, Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:00 WIB
Ada beberapa aspek kehidupan orang Romawi yang mirip dengan kehidupan orang modern sehari-hari. (Antoine Callet)

Nationalgeographic.co.id—Romawi kuno sering dikaitkan dengan kecakapan militer, perintis institusi politik, dan prestasi teknik. Peninggalan Romawi yang bertahan hingga saat ini biasanya berupa bangunan megah dan karya seni. Semua peninggalan itu dipuji-puji sebagai bukti kebesaran peradaban Romawi. Itu menunjukkan betapa berbedanya kehidupan di zaman Romawi kuno dengan zaman modern. Namun ternyata, ada beberapa aspek kehidupan orang Romawi yang mirip dengan kehidupan orang modern sehari-hari.

Apartemen bertingkat tinggi

Orang Romawi tinggal di bangunan yang dikenal sebagai insula, dalam bahasa Latin artinya pulau. Di zaman modern, insula ini mirip dengan flat atau apartemen.

Insula adalah bangunan yang mengesankan pada masanya,” ungkap Tom Brown di laman History Hit. Apartemen kuno ini dibangun dari kayu, bata lumpur dan kemudian, beton khas Romawi.

Insula menjamur di seluruh Kekaisaran Romawi. Flat kuno ini disewakan bagi warga dari berbagai tingkat ekonomi (Chabe01)

Yang jadi kendala, insula sangat mudah terbakar dan rentan runtuh. Oleh karena itu, pembatasan ketinggian insula pun ditetapkan oleh kaisar untuk memastikan keamanannya.

Insula menjamur di seluruh Kekaisaran Romawi. Flat kuno ini disewakan bagi warga dari berbagai tingkat ekonomi. Seperti apartemen modern, insula dirancang untuk menampung orang sebanyak mungkin.

Salah satu yang tertinggi ditemukan di Roma, Insula Felicles, diyakini memiliki setidaknya 9 lantai. Satu-satunya insula yang tersisa di Roma adalah Insula dell'Ara Coeli. Memiliki 5 lantai mungkin lebih, bangunan ini berasal dari abad ke-2.

    

Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Wabah Antoninus yang Mematikan di Masa Romawi

Baca Juga: Kekaisaran Romawi di Mata Orang Tiongkok Kuno pada Abad ke-3

Baca Juga: Bak Mimpi Buruk, Begini Kemacetan Lalu Lintas di Zaman Romawi Kuno