Dunia Hewan: Gajah Asia Malah Menyukai Habitat di Tepi Kawasan Lindung

By Wawan Setiawan, Kamis, 20 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Gajah jantan berkerah besar di Kenyir, Semenanjung Malaysia. Penelitian dunia hewan terbaru mengungkap mereka lebih memilih habitat pinggir kawasan lindung, daripada kawasan itu sendiri. (Ahimsa Campos-Arceiz/MEME)

Nationalgeographic.co.id - Penelitian baru dunia hewan menawarkan analisis paling komprehensif tentang pergerakan gajah Asia dan preferensi habitat hingga saat ini. Studi tersebut menemukan bahwa gajah ternyata lebih menyukai habitat di pinggiran kawasan lindung, daripada di kawasan itu sendiri. Temuan ini dipublikasikan di British Ecological Society's Journal of Applied Ecology pada 17 Oktober. Makalah tersebut diberi judul “Sundaic elephants prefer habitats on the periphery of protected areas.”

Sebuah tim peneliti internasional telah menganalisis pergerakan dan preferensi habitat 102 gajah Asia di Semenanjung Malaysia dan Kalimantan, merekam lebih dari 600.000 lokasi GPS. Mereka menemukan bahwa mayoritas gajah menghabiskan lebih dari separuh waktunya di luar kawasan lindung. Mereka lebih memilih hutan yang sedikit terganggu dan kawasan pertumbuhan kembali.

Namun, kawasan lindung tetap memainkan peran penting, dengan preferensi terbesar gajah adalah kawasan yang berjarak tiga kilometer dari batas kawasan lindung.

Diperkirakan bahwa preferensi untuk hutan yang terganggu terkait dengan kebiasaan makan. Gajah suka memakan rerumputan, bambu, palem, dan pohon cepat tumbuh, yang umum di lingkungan yang terganggu, tetapi relatif langka di bawah kanopi hutan tua.

Gajah Asia betina berkerah dengan anak-anaknya di Belum-Temengor, Semenanjung Malaysia. (Alicia Solana-Mena/MEME)

"Hasil kami menunjukkan bahwa kawasan lindung sangat penting, tetapi tidak cukup sebagai strategi keseluruhan untuk gajah Asia. Konservasi,” kata Dr Ahimsa Campos-Arceiz dari Xishuangbanna Tropical Botanical Garden dan University of Nottingham di Malaysia, dan salah satu penulis utama studi tersebut. “Mengingat preferensi mereka untuk habitat di luar kawasan lindung, gajah pasti akan berkonflik dengan manusia. Ini menyoroti pentingnya mempromosikan koeksistensi manusia-gajah di sekitar kawasan lindung.”

Para penulis menjelaskan bahwa temuan mereka tidak mengurangi pentingnya kawasan lindung, landasan strategi konservasi global.

 Baca Juga: Dunia Akan Hadapi Kepunahan Masal Hewan di 2050, Ada Gajah Sumatra

 Baca Juga: Dunia Hewan: Uniknya Biomekanika Otot dan Kulit Belalai Gajah

 Baca Juga: Hari Sedih bagi Happy sang Gajah Asia di Kebun Binatang Bronx

"Kami percaya kawasan lindung adalah alat yang paling efektif untuk konservasi keanekaragaman hayati secara umum. Dalam kasus gajah Asia, kawasan lindung memberikan keamanan jangka panjang dan mewakili kawasan inti untuk konservasi gajah,” kata Dr. Benoit Goossens dari Danau Girang Field Center dan Universitas Cardiff, juga penulis utama lainnya. "Hasil kami menunjukkan bahwa strategi konservasi gajah harus realistis dan mengakui nuansa kebutuhan dan preferensi habitat gajah, mengintegrasikan pendekatan koeksistensi manusia-gajah holistik di luar kawasan lindung."

Berdasarkan temuan mereka, penulis membuat tiga rekomendasi utama untuk konservasi gajah Asia: Pertama, sertakan kawasan lindung yang luas dengan area inti di mana gajah dapat menemukan keselamatan. Kedua, menggabungkan koridor ekologi untuk menghubungkan jaringan kawasan lindung. Ketiga, mitigasi konflik manusia-gajah, terutama di sekitar kawasan lindung, dengan penekanan pada perlindungan keselamatan dan mata pencaharian masyarakat, serta mempromosikan toleransi terhadap keberadaan gajah.