Akankah Chatbot Menggeser Interaksi Manusia? Begini Penjelasan Sains

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:00 WIB
Bot memberikan kemudahan yang lebih besar daripada aplikasi dan penelusuran web karena bot dapat memahami pola ucapan alami. (Govtech.com)

Nationalgeographic.co.id – Chatbot adalah program buatan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu mensimulasikan percakapan atau obrolan layaknya manusia. Itu lah mengapa istilah ini disebut juga dengan 'bot' karena merupakan singkatan dari robot internet. 

Seperti yang telah kita tahu, hampir semua orang di belahan bumi Barat, menavigasi internet dengan cara mengobrol dengan asisten virtual. Akan tetapi istilah asisten akan segera menjadi terlalu impersonal. Alexa, Siri, dan lainnya akan melewati batas dari robot impersonal ke entitas yang mengetahui kebiasaan, rutinitas, hobi, dan minat kita serta, jika tidak lebih baik dari, teman dan kerabat terdekat kita. Terlebih lagi, mereka akan selalu bersama Anda dan ada untuk Anda, dengan satu sentuhan tombol.

Bagi perusahaan, ini adalah formula kemenangan. Pengguna smartphone telah membuktikan bahwa mereka hanya mau mengunduh dan menghabiskan waktu di sejumlah aplikasi yang terbatas. Dengan demikian, bisnis mungkin lebih baik mencoba terhubung dengan konsumen di aplikasi tempat mereka menghabiskan banyak waktu.

Bot berpotensi memberikan kenyamanan yang lebih besar daripada aplikasi dan penelusuran web karena bot dapat memahami pola ucapan alami dan memberikan sentuhan pribadi dalam antarmuka pengguna yang tidak bersifat pribadi.

Apakah kita benar-benar terhubung dengan chatbot?

Proses semacam itu memiliki konsekuensi psikologis yang mendalam. Saat berinteraksi dengan chatbot, otak kita dituntun untuk percaya bahwa ia sedang mengobrol dengan manusia lain. Ini terjadi karena bot menciptakan persepsi mental yang salah tentang interaksi, mendorong pengguna untuk menganggap bot fitur mirip manusia lainnya yang tidak mereka miliki. Ini mungkin tampak asing, tetapi atribusi karakteristik manusia pada hewan, peristiwa, atau bahkan objek ini adalah kecenderungan alami yang dikenal sebagai antropomorfisme yang telah ada sejak zaman kuno.

Komputer selalu menjadi target favorit untuk atribusi antropomorfik semacam itu. Mereka tidak pernah dianggap sebagai mesin belaka atau hanya hasil interaksi antara perangkat keras dan perangkat lunak. Bagaimanapun, komputer memiliki memori dan berbicara bahasa; mereka dapat tertular virus dan bertindak secara mandiri.

 Baca Juga: Dari Siri Hingga Alexa, Ini Sisi Gelap dari Teknologi Asisten Pribadi

 Baca Juga: AI Bisa Jadi Editor Konten Informasi Jitu tetapi Masih Butuh Manusia

 Baca Juga: Ketika Kecerdasan Buatan Menjadi Penemu, Lantas Bagaimana Patennya?

Dalam beberapa tahun terakhir, elemen karakteristik pribadi semakin diperkuat dalam upaya menghadirkan benda-benda mati ini sebagai sesuatu yang hangat dan humanoid.

Namun, peningkatan humanisasi chatbot dapat memicu perubahan paradigma penting dalam bentuk interaksi manusia. Ini datang dengan risiko dan hasilnya mungkin apa pun kecuali lembut dan kabur.