Seorang Pria di Inggris Terinfeksi COVID-19 400 Hari, Kok Bisa?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 10 November 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi pasien kritis Covid-19. Pria ini terinfeksi virus corona selama 400 hari. Kenapa bisa? (Halfpoint/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Wabah COVID-19 berlangsung lebih dari dua tahun. Meskipun keadaan sekarang sudah lebih membaik, beberapa penyintas harus menderita lebih jauh dibandingkan biasanya. Mereka harus diisolasi berhari-hari, menderita badai sitokin, dan bahkan kematian.

Sementara negara-negara di dunia, sampai sekarang, mengalami kekurangan vaksin. Di bidang kesehatan, banyak tenaga kesehatan yang berguguran demi menangani wabah COVID-19. Banyak pekerja yang harus tetap sehat dan kuat imun agar tidak terserang virus, demi mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

Umumnya, rata-rata waktu penyembuhan dari virus corona adalah dua minggu. Namun, setiap orang punya sistem kekebalan yang berbeda-beda. Bagi yang lemah, karena penyakit atau kondisi perawatan medis, bisa membuat proses penyembuhan bahkan bisa berbulan.

Kondisi seperti inilah yang membuat virus corona bisa memunculkan varian dan mutasi baru. Ketika COVID-19 menduplikasi dirinya, ia mempelajari sistem kekebalan tumbuh, dan kemudian bermutasi.

"Semakin banyak mutasi, semakin banyak perubahan struktur atau fungsi," kata Amin Soebandrio dari Lembaga Biologi Molekuker (LBM) Eijkman (kini bagian dari BRIN) dalam laporan National Geographic Indonesia tahun 2021.

Kesalahan itu mengubah struktur genetik atau fungsinya yang menjadi mekanisme adaptasi terhadap tekanan lingkungan sekitarnya. Sehingga, setelah bermutasi virus mengalami seleksi, seperti teori Darwin, yang mampu bertahan tetap hidup, dan yang gagal akan akan gugur. Maka, agar mencegah varian baru berkembang adalah memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Namun, di antara para pasien atau penyintas COVID-19 waktu penyembuhannya berbeda dengan orang ini. Orang tersebut dilaporkan terinfeksi kronis penyakit ini selama lebih 400. Pada akhirnya, orang tersebut mendapatkan hasil negatif setelah pengurutan genetik untuk jenis virus yang diidap, dan perawatan apa yang dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan pada 3 November 2022 dalam penelitian di jurnal akademik Oxford, Clinical Infectious Diseases. Makalah berjudul "Real-time whole genome sequencing to guide patient-tailored therapy of SARS-CoV-2 infection" dikerjakan oleh para peneliti di Inggris.

Pria berusia 59 tahun tersebut tertular COVID-19 sejak Desember 2020. Berdasarkan pengurutan genom, jenis yang diidapnya adalah virus varian awal yang tersebar di Inggris pada saat itu.

Apa yang membuatnya terkena selama itu adalah sistem kekebalan yang melemah setelah transplantasi ginjal. Pria itu tidak dapat melawan virus, dan hanya dengan gejala selang-seling. Dia tidak memenuhi syarat untuk dirawat untuk kasus COVID-19 yang parah, pada awalnya.

Kemudian, dia dinyatakan positif pada Februari 2021 dan lagi pada 2022. Dua kali tes itu diserang dengan varian yang sama: B.1.177.18. Seiring waktu, mutasi bermunculan pada tingkat yang diharapkan dengan virus corona. Hal ini yang membuatnya terinfeksi lama.